“Radakng” Jadi Icon Kebanggaan Masyarakat Kalbar

| Share on Facebook

LensaKapuas,Pontianak

Gubernur Kalimantan Barat, Drs. CornelisDianggap Fitnah, Gubernur Kalbar Lapor Balik Jinku Ke Polisi. Lanjut Baca ... », MH meresmikan  rumah adat Dayak  “Radakng”  yang baru selesai dibangun dengan dana sebesar Rp. 20,2 Milyar  berlokasi tak jauh dari bundaran Kota Baru Pontianak  Selasa (02/7/2013).

Sebelum peresmian,  sebagaimana lazimnya penyambutan tamu dalam adat  Dayak. Cornelis terlebih dahulu harus memotong tebu yang sengaja dipasang merintangi jalan masuk.  Hal tersebut menandai, melepas dan membebaskan tamu dan rombongan dari segala macam  rintangan dan hambatan yang  tidak baik.

Selanjutnya, ketika memberi sambutan, Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat ini juga  menjelaskan, makna pemberian nama rumah adat Dayak  Radakng .   Dalam bahasa Dayak Kanayatn  ‘Radakng’  adalah  simbol kebersamaan dan kekeluargaan.

Ia  pun berharap, rumah adat  yang panjangnya mencapai 138 meter, dengan ketinggian 7 meter dan luas areal 1,4 km2 tersebut dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan luar.  Kedepannya, Cornelis berpesan agar Icon kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat  tersebut dapat diperlihara dan dijaga dengan baik.

(novi)

(dibaca 761 X)