Rakerda Basarnas dan Sosialisasi UU Pencarian dan Pertolongan

| Share on Facebook

IMG_20151111_125009LENSAKAPUAS, PONTIANAK –   Lewat tema “Kita Tingkakan Koordinasi Serta Sinergisitas Antar Instansi dan Organisasi Dalam Penanganan Kecelakaan Transportasi Darat, Laut, Udara, Bencana Alam dan Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia Di Wilayah Kalimantan Barat,” Badan SAR Nasional (Basarnas) Pontianak beberapa belum lama ini mengadakan Rakorda SAR dan sosialisasi UU No.29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Kepala Kantor SAR Pontianak Slamet Riyadi, SH usai pembukaan Rakorda mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. “Kantor SAR Pontianak adalah unit pelayanan teknis di bidang pencarian dan pertolongan (Search and Recue) yang berada di bawah naungan Badan SAR Nasional yang merupakan lembaga pemerintah non kementerian dan bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden RI. Kantor SAR Pontianak berkewajiban memberikan pelayanan SAR di wilayah Provinsi Kalimantan Barat hingga sekitar kepulauan Karimata yang berbatasan langsung dengan Tanjung Pinang Kepulauan Riau,” ujar Slamet.

Ia berharap melalui kegiatan Rakorda SAR tersebut, seluruh stakeholders yang ada baik itu dari pemerintah daerah maupun masyarakat, bisa saling bekerjasama demi meyelamatkan jiwa seseorang dari terkena musibah.

Dalam kesempatan yang sama, Biro Hukum dan Kepegawaian Sekretariat  Utama Badan SAR Nasional Agung Prasetyo, SH juga mengulas balik mengenai peranan keanggotaan SAR di dunia internasional. “Kita sebagai anggota International Civil Aviation Organization (ICAO) dan anggota International Maritime Organization (IMO) diwajibkan memiliki organisasi SAR yang mampu secara cepat, andal, dan aman dalam rangka melakukan kegiatan pencarian, pertolongan dan evakuasi korban yang terkena musibah,” jelas Agung. (Syaiful)

(dibaca 235 X)