Rapim Kodam XII/Tpr Datangkan Ka BPBD Kalbar Sebagai Narasumber

| Share on Facebook

DSC_7476

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA – BNPB dan BPBD mempunyai visi yang sama yaitu membangun masyarakat Indonesia yang tangguh terhadap bencana, kata Drs. T.T.A Nyarong M.Si.  Kepala BPBD Kalbar saat menjadi  narasumber pada pelaksanaan Rapim Kodam XII/TprSMA Tunas Bangsa Jadi Duta Kodam XII/Tpr Di Jakarta. Lanjut Baca ... » di Aula Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No 1 Kubu Raya, Jum’at (05/02).

Rapim Kodam XII/Tpr merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI AD untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan anggaran, menyampaikan pokok-pokok kebijakan pimpinan Kodam XII/Tpr, menyamakan visi, misi dan persepsi serta meningkatkan soliditas para unsur pimpinan di lingkungan Kodam XII/Tpr. untuk meningkatkan koordinasi dalam upaya menanggulangi bencana para pimpinan Kodam XII/Tpr  menerima materi dan  diskusi penanggulangan serta pencegahan bencana  asap ( bencana alam kabut asap ).

“Ada empat prinsip yang harus digunakan dalam upaya mewujudkan ketangguhan  yaitu  Mengantisipasi terhadap ancaman bahaya; Menolak/menghindar dari ancaman bahaya; Mengadaptasi  terhadap bencana yang terjadi; Mempunyai daya lenting untuk bangkit kembali setelah bencana  terjadi”,  papar Nyarong .

Selain itu, BNPB dan BNPB  mempunyai Misi Melindungi bangsa dari ancaman bencana melalui pengurangan resiko; Membangun sistem penanggulangan bencana yang handal; Menyelenggarakan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinir, dan menyeluruh, tuturnya.

Lanjutnya bahwa Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 memberikan mandat kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah (dalam hal ini BNPB dan BPBD) sebagai penanggungjawab dalam penyelenggara dan penanggulangan bencana baik saat pra-bencana, saat tanggap darurat, maupun pasca bencana.

“Sebagai unsur pelaksana BNPB dan BPBD mempunyai fungsi koordinasi, komando, dan pelaksana dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana”, terangnya.

Selain mendatangkan Kepala BPBD Kalbar, Rapim kali ini juga mengundang  Kakanwil DJPBN Kalbar, Kepala KPKNL Pontianak, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Prov Kalbar dan Dir Intelkam Polda Kalbar sebagai narasumber. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 204 X)