Ratusan Warga Ambawang Tagih Janji PT. MAR

| Share on Facebook
demo warga desa gunung ambawang

Ratusan warga Desa Gunung Ambawang, Kec. Kubu, KKR Senin (2/2) mendatangi kantor PT MAR di Telok Pakedai untuk menuntut pembayaran hasil kebun (plasma) yang hingga kini belum dipenuhi oleh pihak manajemen perusahaan. Proses negosiasi, melibatkan aparatur kecamatan, kabupaten, tokoh adat Dayak.  Aksi  demonstrasi mendapat pengawalan dari  aparat kepolisian yang dibeckup aparat  TNI.

LENSAKAPUAS, KUBU RAYAKPPS Pertanyakan Pemotongan Honor oleh KPUD KKR. Lanjut Baca ... » Ratusan warga Desa Gunung Ambawang Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya pada Senin (2/2) mendatangi kantor perusahaan perkebunan kelapa sawitPeluang Pengadilan Jalanan Terbuka Lebar. Lanjut Baca ... » PT. Mitra Aneka Rezeki (MAR) yang berada di Telok Pakedai KKR.

Kedatangan ratusan warga tersebut untuk menuntut realisasi bagi hasil usaha perkebunan milik pengusaha asal Thailand itu sesuai perjanjian yang telah disepakati bersama sebelumnya antara Manajemen PT MAR dengan masyarakat. “Ini alasan mereka karena lokasi masih bermasalah, padahal pohon sawit sudah lebih dari 3 meter tingginya. Sampai sekarang kami tidak ada menerima sepeserpun hasil kebun (plasma) yang dijanjikan,” kesal seorang pendemo asal Gunung Ambawang.

Kalau mengenai tapal batas desa, kata dia, bukanlah alasan untuk menggugurkan hak-hak masyarakat yang telah disepakati sebelumnya. “Ini kata mereka  yang belum dibayar itu terkendala masalah blok. Apanya yang bermasalah?  Di lapangan lahan PT MAR jelas berbatasan langsung dengan desa kami,” imbuhnya.

Kendati di bawah panasnya terik matahari, namun tak sedikitpun menyurutkan semangat  ratusan warga menuntut hak-hak mereka. Seraya sesekali berorasi, sejumlah warga yang datang mengenakan ikat kepala merah berupaya merangsek masuk ke dalam ruangan kantor untuk menyaksikan langsung proses negosiasi antara perwakilan mereka dengan manajemen PT MAR di ruang ‘Meeting’ perusahaan.

Proses negosasi perwakilan warga dengan manajemen PT MAR itu, juga dihadiri oleh aparatur pemerintahan desa, kecamatan, dan kabupaten. Diantaranya, Asisten I Pemkab KKR, Camat,  Kapolsek, Ketua DAD, Babinsa, BPD,  Tokoh Adat Dayak, dan LSM.

Selanjutnya, hasil  pertemuan antara perwakilan masyarakat Desa Gunung Ambawang denga pihak Manajemen PT MAR disampaikan kepada ratusan warga lainnya yang terus menunggu  di halaman kantor. (**/Red)

(dibaca 2432 X)