Rektor IKIP PGRI Pontianak Dilantik

| Share on Facebook

pelantikan rektor stkipSamion : Perubahan Status, Jadi Motivasi Kerja Seluruh Civitas Akademik

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Pelantikan  Prof.Dr.H. Samion ARPerubahan Status STKIP Jadi IKIP, Tinggal Persetujuan DIKTI. Lanjut Baca ... », M.Pd., sebagai Rektor IKIP PGRI Pontianak masa bhakti 2014 – 2018 berlangsung  di Gedung STKIP lama Jalan Ilham Pontianak, Sabtu, 31 Juni 2014.

Usai pelantiakan, Samion menjelaskan bahwa proses perubahan status dari Sekolah Tinggi menjadi IKIP PGRI Pontianak kurang lebih hampir 7 tahun. “Jadi, ini merupakan hasil dan upaya kita yang sudah kita lakukan, pada hari ini puncaknya terutama kita sudah memiliki pimpinan yang definitif, karena beberapa bulan terakhir ini kan hanya Plt, maka dengan pelantikan ini merupakan suatu legalitas kami untuk berbuat dan bekerja secara optimal dalam membenahi pendidikan di Kalbar dan pada umunya Indonesia,” ujar Samion.

Menurutnya, ada beberapa hal yang masih menjadi perhatian pihaknya, terutama berkaitan dengan SDM.  “Selama ini kan kita SDM baru pada tataran Strata II, Insyaallah  2 tahun kedepan seluruh Dosen IKIP PGRI Pontianak ini sudah bisa mengikuti strata III, itu program yang menurut saya yang harus saya lakukan,” harap Samion.

Selain itu, kata dia, menyangkut pembenahan fasilitas. “Sarana dan prasarana, baik fisik maupun non fisik terutama berkaitan dengan perlengkapan laboratorium yang ada di setiap program studi (Prodi), laboratorium komputer dan bahasa, gedung, perpustakaan yang representatif, termasuk kolam renang yang menjadi fasilitas olah raga, dalam 1 atau 2 tahun kedepan mudah-mudahan bisa terwujud,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Samion, untuk dosen yang ada sekitar 200 an orang,  hampir 90% sedang mengikuti pendidikan S II. “Sehingga begitu selesai nanti kita lanjutkan untuk pendidikan S III,” tukas Rektor IKIP PGRI Pontianak.

Samion menandaskan, untuk 10 program studi akan dimasukan ke dalam  4 fakultas, masing-masing Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial itu ada 4 prodi, yakni : Pendidikan Konseling, PPKN, Sejarah dan Geografi. Yang kedua, Fakultas MIPA dan Teknologi, ada 3 program studi yakni ; Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Teknologi Informasi Komputer. Ketiga, Fakultas Bahasa dan Seni ada 2 prodi, yaitu : Pendidikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. “Yang terakhir adalah Fakultas Olah Raga dan Kesehatan, ada 1 prodi yaitu  Pendidikan Olah Raga,” terang Samion.

Dengan adanya perubahan status IKIP PGRI Pontianak dan pelantikan dirinya sebagai Rektor, Samion berharap adanya motivasi yang besar terhadap seluruh Civitas Akademika sehingga bisa berupaya seoptimal mungkin dalam mnjalankan tugas dan tanggungjawab masing-masing, mulai dari rektor hingga para dosen dan unit-unit pelayanan yang ada.  (novi)

(dibaca 2401 X)