Rindam XII/Tpr Gelar Tabur Bunga Di Pantai Pasir Panjang

| Share on Facebook

DSC_9779

LENSAKAPUAS, SINGKAWANG –  Rindam XII/Tpr menggelar kegiatan Upacara dan Tabur Bunga yang dilaksanakan di Pantai Pasir Panjang dalam rangka  memperingati hari Pahlawan ke 70, Selasa (10/11), dengan Komandan Upacara (Danup) Letnan Satu Inf Khadarudin dan Inspektur Upacara (Irup) Letnan Kolonel Inf Wisnu Kurniawan Komandan Secaba Rindam XII/Tpr.

Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Selaku Irup, Letnan Kolonel Inf Wisnu Kurniawan membacakan amanat Menteri Sosial RI mengatakan Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

Oleh karena itu, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman. Untuk itu penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara, ungkapnya.

Selain itu, lanjut Mensos, juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya negara kesatuan Republik Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai- nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.

Kegiatan Upacara tersebut dihadiri oleh Walikota Singkawang, Forkopinda kota Singkawang, anggota Polres kota Singkawang, anggota FKPPI kota Singkawang dan Mahasiswi Kota Singkawang.

Usai upacara dilanjutkan dengan melempar karangan bunga ke pantai oleh Letnan Kolonel Inf Wisnu Kurniawan dan Walikota Singkawang diikiuti seluruh undangan. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 475 X)