Sekda : Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Menuju Aceh Damai Bermartabat

| Share on Facebook

DSC04568

LENSAKAPUAS, ACEH TIMUR – Sekretaris Daerah Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... », Muhammad Ikhsan Hayat, S.STP, MAP mengajak semua pihak untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mewujudkan pembangunan perdamaian Aceh yang bermartabat.

Pernyataan itu disampaikan Sekda Aceh Timur ketika membuka acara Sosialisasi Budaya dan Etika Politik Bagi Organisasi Kemasyarakatan, Partai Politik, Organisasi Kepemudaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat se Kabupaten Aceh Timur, Senin (21/9/2015), di aula serbaguna Pemkab Aceh Timur Jln Petua Husein Tanah Anoe Kecamatan Idi Rayeuk.

Ikhsan mengatakan, Indonesia merupakan negara Demokrasi yang dituntut untuk bebas dalam menyampaikan aspirasi dan pendapat sehingga lahirnya LSM, OKP dan Lembaga lain dengan tujuan mengontrol segala permasalahan. Begitu pula  khususnya di Aceh Timur.

Dia berharap kepada semua komponen organisasi yang ada untuk terus meningkatkan kenerjanya sebagai mitra Pemerintah karena mengingat history organisasi sudah terlahir sebelum merdeka dengan tujuan mencari kemerdekaan sehingga di masa sekarang wajib di pertahankan.

“Pada dasarnya organisasi kemasyarakatan dan pemerintah adalah mitra yang harus seiring berjalan sehingga laju pembangunan guna mewujudkan kemakmuran kepada rakyat,” ujar Sekda.

Sekda juga menjelaskan dalam UU No 33 tahun 2012 telah di atur bahwa setiap LSM, OKP, Ormas dan Parpol untuk melakukan pendaftaran kepada institusi pemerintah yang membidanginya.

Hal itu, lanjut Ikhsan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri  (Pemendagri) tentang pedoman pendaftaran Orkermas.

“Saya minta kepada Kesbangpol Atim agar mendata LSM, OKP, Yayasan serta Ormas yang aktif dan tidak aktif di wilayah Kabupaten Aceh Timur,” pinta Sekda.

Kemudian, Ikhsan Hayat juga menambahkan, pentingnya bagi komponen masyarakat meningkatkan persatuan dan kesatuan sehingga keutuhan bangsa dan negara tetap terjaga. Terlebih saat ini Aceh sedang merawat perdamaian dalam rangka mewujudkan masyarakat yang religius, adil dan makmur.

Sambung dia, disini peran pemerintah daerah juga sangat dominan. Karenanya, ia berharap Kesbangpol dan linmas bisa memaksimalkan peran dimaksud.

Tampak hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat daerah seperti Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf. Endra Saputra KZR, Assisten Tata Pemerintahan Sekdakab Aceh Timur Zahr MAP, Kepala Bappeda Maimun, SE, Kepala Kesbangpol Muhammad Amin, Pabung Kodim 0104 Aceh Timur, Mayor Sulistyo, dan Kasie Intel Kejaksaan Negeri Idi, Ihsan SH, MH serta sebagai pemateri Drs Nabhani. (Alam)

(dibaca 386 X)