Sembilan Point Tujuan Seminar & Lokakarya Kehutanan

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Fakutas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak dan The Asia Foundation bekerja sama dengan UKaid (From The British People), PT. Cipta Usaha Sejati (CUS), TIGFII, Pemprov Kalbar dan Kemenhut RI, pada Rabu (10/12) menggelar kegiatan Seminar Nasional dan Lokakarya selama 2 hari di Lantai III Rektoran Untan Pontianak dengan tema “Tata Kelola, Pembiayaan dan Investasi Hijau Bagi Peningkatan Daya Saing Industri Kehutanan Indonesia Berkelanjutan”.

Berdasarkan ulasan yang dirilis dalam buku panduan peserta, dijelaskan bahwa ada 9 (Sembilan) maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan, yakni sebagai berikut :

  1. Sebagai upaya memberikan sumbangsih pemikiran khsusunya berkenaan dengan tata kelola hutan dan lahan serta peningkatan investasi hijau di sector industry kehutanan.
  2. Memfasilitasi  platform untuk membahas penelitian tata kelola hutan dan lahan untuk memanfaatkan hasil penelitian.
  3. Para peneliti dan ahli tata kelola hutan dan lahan dapat mempresentasikan hasil studi-studi terkait dengan isu-isu tata kelola hutan dan lahan di tingkat provinsi dan kabupaten.
  4. Memeberikan kesempatan untuk memperluas jaringan dan alur komunikasi bagi para peneliti dan akademisi, serta pembuat kebijakan dan LSM.
  5. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan penelitian di provinsi dan kabupaten untuk mendukung meningkatkan kapasitas penelitian.
  6. Memberikan dan mencari formulasi kebijakan-kebijakan di bidang kehutanan dengan berbagai permasalahan dan tata kelola hutan dan lahan pada saat sekarang ini.
  7. Membahas bagaimana penelitian dapat digunakan sebagai basis untuk pembuatan keputusan dan atau kebijakan ditingkat local.
  8. Mencoba mensinergikan peran stakeholders sector kehutanan baik di pusat maupun di daerah dengan penguatan kelembagaan.
  9. Mempertemukan pembuat kebijakan, organisasi masyarakat sipil dan peneliti/akademisi di isu tata kelola hutan dan lahan, menggairahkan kembali industry kehutaan, pembiayaan dan investasi hijau bagi peningkatan daya saing industry kehutanan Indonesia berkelanjutan.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak tersebut diikuti stakeholders bidang kehutanan, perkebunan, pertambangan dan linkungan se-Kalbar.

(dibaca 836 X)