Sergap Meningkatkan Kesejahteraan Petani

| Share on Facebook

photo_2017-06-12_21-34-53

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Dalam rangka percepatan penyerapan gabah/beras nasional, Kodam XII/Tanjungpura, menggelar  Rapat Koordinasi (Rakor) Serapan Gabah/beras Petani (Sergap) Se-wilayah Kodam XII/Tpr yang meliputi Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah di Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Alianyang No. 1 Sungai Raya, Kubu Raya Kalbar, Senin pekan lalu.

Rakor dipimpin Irdam XII/Tpr Kolonel Inf Sudarmadi dan dihadiri oleh ketua Tim Serapan Gabah Petani IX TNI AD Brigjen TNI Nanang Heryanto, para Danrem jajaran Kodam XII/Tpr yang diwaliki oleh masing-masing Kasrem, Aster Kasdam XII/Tpr serta para Dandim, para Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Kalbar dan Kalteng, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan Provinsi Kalbar dan Kepala Divisi Regional (Kadivre) Bulog Provinsi Kalbar dan Kalteng.

Kepala Staf Kodam XII/Tpr melalui Irdam XII/Tpr menjelaskan bahwa salah satu program ketahanan pangan Kodam XII/Tpr diimplementasikan dengan membantu instansi terkait melaksanakan serapan gabah/beras petani dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

Lebih lanjut dikatakannya, berbagai upaya telah dilakukan yaitu para Danrem dan Aster Kasdam XII/Tpr sudah berkoordinasi/mengadakan pertemuan dengan Kadivre Bulog Kalbar dan Kalteng dan Kadistan  Kalbar dan Kalteng untuk menyerap gabah/beras petani agar dapat mencapai target yang sudah ditetapkan. Para Dandim sudah melaksanakan koordinasi/Rakor dengan pihak Bulog, dengan mendirikan Posko Sergap di wilayah masing-masing, sehingga masyarakat mau menjual hasil panennya kepada pihak Bulog dan memberikan pengertian kepada masyarakat program pemerintah tentang Ketahanan Pangan.

Sementara itu, ketua Tim Serapan Gabah Petani IX TNI AD Brigjen TNI Nanang Heryanto menerangkan bahwa pihaknya hadir  untuk melakukan evaluasi serapan gabah yang dibebankan pimpinan TNI AD kepada Kodam XII/Tpr yang diturunkan menjadi sasaran Kodim-Kodim untuk memenuhi target yang ditetapkan.

“Harapannya Kalimantan Barat memiliki ketahanan pangan, syukur-syukur bisa surplus seperti  yang dicanangkan kementerian pertanian akan mengekspor beras ke Malaysia, yang tahun ini akan diekspor lima puluh ribu ton” tukasnya.

(dibaca 42 X)