Sidang Kasus Tipikor Irigasi Jangkang

| Share on Facebook

saksi jangkang

Kukuh : Saya PA, Yang tandatangan Addendum proyek itu KPA

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Sidang Tindak Pidana KorupsiSidang Tipikor Irigasi Jangkang, Saksi Buka Kartu. Lanjut Baca ... » (Tipikor) proyek irigasi JangkangSidang Tipikor Irigasi Jangkang, Saksi Buka Kartu. Lanjut Baca ... » Kabupaten SanggauSidang Tipikor Irigasi Jangkang, Saksi Buka Kartu. Lanjut Baca ... » dengan terdakwa Rivai, Rabu (28/1) menghadirkan 3 (tiga) orang saksi, yakni Ir. Kukuh Triatmaka, Sigit Purnomo, dan Joni. Usai membuka agenda persidangan, Hakim Ketua mempersilahkan Jaksa Penuntut Umum untuk memanggil saksi  I Ir. Kukuh Triatmaka memberi kesaksian pertama.

Dalam keterangannya di hadapan Majelis Hakim, Ir. Kukuh yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sanggau sekaligus sebagai  Pengguna Anggaran (PA) dalam proyek irigas Jangkang mengakui telah tiga (3) kali diperiksa terkait kasus tersebut. Sebagai Pengguna Anggaran, ia mengelak ketika JPU mencecarnya terkait penandatangani addendum proyek tahun 2010  senilai Rp14,5 milyar itu. “Itu kewenangan Kuasa Pengguna Anggara (KPA), yang menandatangi addendum proyek itu adalah KPA,” elak Kukuh, yang saat itu sebagai Pengguna Anggaran Proyek. Menurut dia, untuk syarat pelaksanaan addendum bisa dilakukan selama memenuhi ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk proyek  ini, apakah memenuhi persyaratan tersebut,” tanya JPU Rya Dilla kepada saksi Kukuh. “Berdasarkan laporan PPTK, ketika itu memang banjir dan ada beberapa titik ruas jalan yang putus, foto-fotonya ada,” jawab Kukuh.

Terkait pelaporan anggaran kegiatan proyek, kata dia, pihaknya dibantu oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguunan (BPKP). “Iya Majelis Hakim, dalam penyusunan laporan keuangan kita bersama BPKP. Maksudnya, didampingi oleh BPKP Majelis, karena Pemkab Sanggau sudah ada MoU dengan BPKP. Sampai sekarang di Bappeda juga masih didampingi BPKP,” jelas Kukuh menanggapi pertanyaan Hakim Anggota Sasa yang mempertanyakan pernyataan Saksi Kukuh soal keterlibatan penyusunan laporan keuangan proyek Irigasi Jangkang bersama BPKP.  (nv)

(dibaca 988 X)