Sssttt, Ada Pungli di Dinas PU Aceh Timur ?

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, ACEH TIMURMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » – Kabar tidak sedap menyebar di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Aceh Timur. Isunya, salah satu Kepala Bidang (Kabid) di dinas yang menangani soal inftrastruktur itu disinyalir melakukan pungutan liar alias pungli terhadap sejumlah rekanan kontraktor yang ingin menarik uang Down Payment (DP) dari proyek yang sudah dikontrakkan.  Oleh dinas tersebut dimintai “uang pelicin”. Persoalan uang DP Proyek  sudah menjadi rahasia umum di kalangan para rekanan/kontraktor di daerah ini.

Salah seorang kontraktor yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa dirinya selalu  menyelipkan sejumlah ‘amflov’ setiap mengurus pemberkasan uang DP di Dinas PU Aceh Timur.  “Hal yang biasa-biasa saja dan menjadi tradisi yang seolah sudah membudaya,” ucapnya.

“Itu sudah biasa, untuk memuluskan pencairan,” timpal rekan sebelahnya yang juga sesama kontraktor.  Selain pungli, sambungnya, praktek bagi-bagi proyek pun sudah lumrah dan sudah jadi rahasia umum.

Akibat adanya uang pelicin itu, disesalkan oleh sejumlah kontraktor. “Imbasnya pada kualitas hasil pekerjaan, karena terlalu banyak mengalir ke setoran siluman,” lirih sumber tadi.

Menurut dia, disatu sisi kontraktor diminta harus mengerjakan proyek tersebut sesuai kontrak, namun disisi lainnya dibebankan dengan setoran-setoran yang tidak jelas. “Sedikit-sedikit uang, teken selembar aja sudah minta uang lagi, gimana kami bisa bekerja sesuai kontrak kalau begini caranya,” kesalnya.

Atas persoalan tersebut, ia menilai ada sebuah kewajaran apabila kualiatas suatu pekerjaan jauh dari kata ‘standart’.  Sebab selama praktek pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum di instansi pemerintah tersebut masih terus terjadi, maka kualitas hasil pekerjaan tidak akan pernah baik. (Alam)

(dibaca 502 X)