Tangkap Cukong Ilegal Logging di Aceh

| Share on Facebook
ilgal loging

Hutan gundul diduga akibat penebangan kayu secara illegal di Aceh

LENSAKAPUAS, LANGSA – Hutan Aceh semakin hari kian gundul akibat para cukong kayu yang saban hari terus merambah hutan di pedalaman bumi ‘Iskandar Muda’.
Terkait aksi penebangan kayu tersebut, diduga terlibat oknum-oknum dalam kasus illegal loging baik di Aceh Utara, Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... », Kota Langsa, dan Aceh Tamiang. Demikian dikatakan Direktur LBH  Iskandar Muda, H. A Muthallib, H.IBR,SE, SH, MSi, kepada wartawan, Selasa (10/3).
Menurutnya, puluhan truck pengangkut kayu dari Aceh terus bergerak menuju Medan. Jika  siang hari mereka membawa kayu ilegal dengan becak bermotor (Betor) sampai melewati perbatasan Aceh-Sumut. Lantas, di sana sudah ada truck yang menunggu untuk selanjut di bawa ke Medan.
Hutan lindung di Aceh, lanjut dia, semakin hari kian punah karena setiap hari ada pembalakan liar yang terjadi. “Jangan tangkap pemotong di lapangan saja, tangkap para cukong di Medan yang memback-up penebangan itu,” harap A Muthallib seraya menambahkan, polisi jangan terlena dengan uang receh dari orang mata cipit (cukong-red) yang sengaja merambah hutan lindung di Aceh untuk meraih keuntungan.
“Terbukti dengan hasil penangkapan kayu ilegal logging oleh pihak Polres Aceh Timur Kawasan Ekosistem Leuser (KEL/TNGL) beberapa waktu  lalu, merupakan bagian kecil dari hasil penebangan hutan lindung yang disita,” jelasnya. (Alam/PZ)

(dibaca 604 X)