Tangki Solar PT. Adau Meledak Di PLN

| Share on Facebook

 

tangki pt adau meledak

Tangki MPO PT. Adau meledak

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA – Tangki solar MFO (marine fuel oil) milik PT. Astri Dita Aneka Usaha (ADAU), rekanan penyuplay tenaga listrik PT. PLN (Persero) Wilayah Kalbar, meledak dan terbakar di Sei Raya Jl. Adi Sucipto KM 7.3, KKR. Senin (26/8/2013).

Josua, Operator engine,yang saat kejadian sedang off (tidak bekerja) menuturkan, sekitar Pk. 14.15 Wib terdengar ledakan yang dasyat, getarannya hingga mencapai Mess PLN yang berada persis berseberangan dengan lokasi, dengan jarak sekitar 100 m. “Ternyata api dengan asap mengepul keluar dari salah satu tabung tangki MFO,” ujar Josua.

Deputi Manager Bidang Komunikasi dan Hukum PT PLN, M. Doing, mengungkapkan  tangki  yang meledak, milik PT ADAU yang rencana akan mensuplay tenaga listrik untuk  kebutuhan tambahan PLN dalam melayani listrik di Kota Pontianak dan sekitarnya, sampai ke Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

Ia menjelaskan, insiden tersebut masih menjadi tanggunjawab sepenuhnya PT. ADAU, karena sarana dan prasarana yang memproduksi tenaga listrik adalah kepunyaan PT. ADAU, sementara PT. PLN (Persero) sebagai rekanan hanya membeli hasil produksinya. “Rencananya, untuk mensuplay daya listrik sebesar 15 MW dari total yang disediakan sebesar 20 MW kepada PT PLN (Persero) Wilayah Kalbar,” ungkapnya.

Sementara, Ahmad Fadilah, Plh Siet Manajer Pontianak 2 PT. ADAU, menuturkan, penyebab terjadinya ledakan dan kebakaran belum diketahui pasti.  “Satu dari 3 tangki yang terbakar kapasitasnya 150 Kilo liter, produksinya mampu menghasilkan 15 MW. Kondisinya saat kejadian, terisi bahan bakar  7,8 kilo liter. Itu lebih aman apabila tangki dalam MFO kosong, karena akan menimbulkan daya ledak yang cukup besar,” jelasnya.

Akibat insiden tersebut, PT. ADAU mengalami kerugian materiil bernilai ratusan juta, tapi pekerja dalam kondisi selamat. Pihaknya akan melakukan investigasi untuk mengetahui secara pasti penyebabnya.

(alam)

(dibaca 675 X)