Tegakan Syariat Islam, Aceh Timur Sosialisasi Hukum Jinayat

| Share on Facebook
as II berikan plakat

Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Tiimur, Usman A Rachman, SH, SP sedang menyerahkan Plakat dari Dinas Syariat Islam Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » kepada para narasumber acara Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara jinayat dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat di Kabupaten Aceh Timur di Aula gedung serbaguna Pendopo Aceh Timur, Idi.

LENSAKAPUAS, ACEH TIMUR – Untuk mengimplementasikan Syari’at Islam dalam masyarakat Aceh pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Aceh Timur maka Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengupayakan berbagai cara agar Syari’at Islam bisa berjalan dengan lancar dalam kehidupan masyarakat.

Dalam pelaksanaan Syari’at Islam di Aceh  berpedoman pada UU Nomor 44 / 1999  Tentang Keistimewaan Aceh. Dimana didalamnya termaktup tentang kewenangan tambahan yang dimiliki  Aceh dalam bidang hukum Islam, yaitu adanya izin pelaksanaan  Syari’at Islam sebagai hukum material dan formil di Aceh. Kemudian  dibentuklah beberapa Qanun antara lain:

  1. Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Peradilan Syari’at Islam
  2. Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pidana  Bidang Aqidah, Ibadah,Dan Syari’at Islam
  3. Qanun aceh nomor 7 tahun 2013 tentang hukum acara jinayah
  4. Serta Qanum Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Jinayah.

 Sehingga nantinya kedepan Syari’at Islam sangat erat hubungannya dengan tokoh agama seperti: Imeum Gampong, Kheucik Gampong, Alim Ulama dan masyarakat umumnya, itu menjadi orang yang mengajak manusia  kepada yang ma’ruf dan meninggalkan yang mungkar. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keistimewaan Aceh, Usman A Rachman SH, SP ketika membuka acara Sosialissasi Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara jinayat dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat di Kabupaten Aceh Timur yang berlangsung pada Kamis, 18 Mei 2016 di Aula Gedung Serbaguna Pendopo Aceh Timur, Idi yang dihadiri oleh para Camat dan Kapolsek dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur, Kadis Syariat islam Aceh, Anggota DPRAAksi Brutal Ketua Komisi I DPRA Dapat Kecaman. Lanjut Baca ... », DPRK dan SKPK terkait.

 Lebih lanjut ia mengatakan, Sebagaimana yang kita ketahui bersama  bahwa Allah SWT menerangkan agar kita semua untuk bisamenjadi umat Islam yang menyeru kepada kebaikan dan mencengah kemungkaran. Maka dalam pelaksanaan Syari’at Islam dikehidupan sehari-hari masyarakat sangat tergantung pada Imeum Gampong sebagai ujung tombak.  Maka dalam hal ini pemerintah Kabupaten  Aceh Timur sangat mendukung atas terlaksananya  kegiatan pembinaan hukum Islam bagi Imeum Gampong.

Sementara itu Rusydi, S.Pd selaku Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur dalam laporannya mengatakan Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur Tahun Anggaran 2016 dengan tujuan penyebarluasan informasi Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2013 tentang Hukum Acara Jinayat dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat sebagai pengetahuan dan edukasi bagi aparatur penegak hukum, unsur SKPK terkait dan masyarakat dalam Kabupaten Aceh Timur.

Lebih Lanjut Rusydi, S.Pd menerangkan bahwa bentuk kegiatan ini adalah sosialisasi yang akan dilaksanakan dalam lima angkatan dengan jumlah peserta 400 orang dimana pada angkatan pertama ini menghadirkan empat narasumber yaitu dari  Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof. DR. Syahrizal Abbas, MA. Ketua mahkamah Syari’yah Aceh, Jufri Ghalib, SH, MH. Ketua Banleg DPRA Iskandar Usman Al Farlaky dan Kasi Penyidikan dan penindakan Satpol PP dan WH Aceh, Marzuki M. Ali, S.Ag, MH. Dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang yang merupakan utusan dari Kodim 0104 Aceh Timur, Polres Aceh Timur, Pengadilan negeri idi, kajari Idi, Mahkamah Syar’yah Idi, Satpol PP dan WH Aceh Timur, DPRK Aceh Timur, MPU Aceh Timur dan SKPK terkait lainnya termasuk perwakilan aparatur Kecamatan, Mukim Gampong serta unsur organisasi kemasyarakatan. (Alam/Mmg)

(dibaca 166 X)