Tentera Diraja Malaysia Tahan WNI di Pos Perbatasan Serikin

| Share on Facebook

WNI Saat Berada di Pos TDM

LENSAKAPUAS, BENGKAYANG – Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kol Inf Mukhlis mengungkapkan, penahanan Warga Negara Indonesa (WNI) yang masih berusa 14 tahun oleh Tentera Diraja Malaysia (TDM) di Pos Perbatasan Serikin pada Miinggu 26 April 2015 sekitar Pukul 23.00 wib. Selanjutnya anak tersebut kemudian diserahkan TDM ke anggota Satgas Pamtas Yonif 644/Wls di Pos Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang.

“Informasi tersebut didapat dari Komandan Satuan Tugas Pangamanan Perbatasan Yonif 644/Walet Sakti bahwa telah diamankan satu orang TKI illegal yang kabur dari tempat kerjanya di Malaysia,” kata Mukhlis kepada sejumlah awak media di Makodam XII/Tpr,  Minggu (3/5/2015).

Kapen menjelaskan bahwa TKI yang masih berstatus dibawah umur itu bernama Ribut Wiko (14). Beralamat di Jalan Segorong Gang Sema Jaya, Desa Segorong, Kec. Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalbar. “Setelah WNI itu diamankan oleh anggota TNIKodam XII/Tpr Buka Pendaftaran Taruna/Taruni Akmil. Lanjut Baca ... », kemudian diperiksa di Pos Jagoi Babang Satgas Pamtas Yonif 644/Wls.

“Saat ditanya, Riko mengaku telah ditipu oleh Ab, warga Seluas yang membawanya ke Malaysia untuk bekerja di rumah makan (kedai). Tetapi menurutnya, justru dijual dan dipekerjakan sebagai buruh kasar kepada seorang tauke berinisial Aq (50) dan tidak pernah diberi upah selama 1 bulan 3 minggu,” ucap Kapen meniru pengakuan Riko saat diperiksa petugas Pamtas.

Selanjutnya, sambung Mukhlis, Ribut Wiko melarikan diri dari Kota Kuching menuju Indonesia melalui kota Serikin sehingga Ribut diamankan di Pos TDM karena tidak memiliki surat atau dokumen resmi.  “Saat ini yang bersangkutan (Ribut Wiko) telah dilimpahkan oleh Satgas Pamtas Yonif 644/Wls ke kantor Imigrasi Jagoi Babang,” tanas Kapendam XII/Tpr. (Dn)

Editor : Alam

(dibaca 522 X)