Tingkatkan Hubungan Tata Kerja, Dishubkominfo Kalbar Gelar Rakor

| Share on Facebook

rakor dishub

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Rapat Koordiinasi dan Sinkronisasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Se-Kalimantan Barat Tahun 2014 yang berlangsung di Hotel Orchardz Perdana, Rabu (29/10) malam dibuka oleh Gubernur Kalbar yang diwakili Assisten II Setda Prov Kalbar, Lensus Kandri .

Dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibacakan Assisten II Setda, Cornelis mengungkapkan bahwa peranan Transportas, Komunikas, dan Informatika sebagai suatu sistem infrastruktur sangatlah dominan untuk mendukung sistem sosial dan ekonomi. Hal tersebut menjadi penentu tinggi rendahnya martabat suatu bangsa serta memberikan kontribusi yag sangat signifikan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan dan perekonomian daerah.

Peranan tersebut, jelas Gubernur, kedepannya akan terus meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas seiring dengan permintaan masyarakat akan pelayanan jasa yang semakin baik dan menuntut kepuasan terhadap pelayanan. “Hal tersebut menjadi tantangan bagi aparatur Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika untuk dapat memberikan pelayanan yang seoptimal mungkin,” ungkap Cornelis.

Untuk itulah, kata dia, melalui Rakor dan Sinkronisasi diharapkan dapat memberikan pencerahan dalam rangka mewujudkan Sinkronisasi Hubunga Tata Kerja antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program dan kegiatan yang dilaksanakan.

“Dengan perkembangan tekhnologi informasi yang semakin maju, hendaknya penerapan e-government menjadi komitmen kita untuk dilaksanakan guna peningkatan kinerja dan pelayanan publik yang cepat, transparan, dan akuntabel,” harap Gubernur Cornelis kepada peserta Rakor.

Dalam kesempatan yang sama, PLh. Kadis Dishubkominfo Kalbar E Immenuah, S.E., M.M. menuturkan, sesuai tema kegiatan “Sinkronisasi Hubungan Tata Kerja dan Penerapan e-Government Dalam Rangka Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Publik”, maka pihaknya berkomitmen untuk mengoptimalkan kapasitas pelayanan transportasi, komunikasi dan informatika di Kalimantan Barat.

“Ada beberapa permasalahan yang menjadi materi bahasan dalam Rakor ini, diantaranya terkait optimalisasi sinkronisasi tata kerja antara pemerintah pusat, provinsi da kabupaten/kota dalam pelaksanaan pembagunan sektor perhubungan, komunikasi dan informatika. Sinergitas perencanaan pelaksanaan pembangunan sektor transportasi dan penerapan e-government pada Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota,” terang Immenuah.

Jadi, kata Plh Kadishubkominfo, sesuai komitmen Pemprov Kalbar sebagaimana arahan Gubernur, ada tiga hal yang menjadi perhatian pihak. “Pertama, meningkatkan komunikasi antar semua tingkatan pemerintah dan stakeholder terkait pembangunan dan pelayanan di sektor Perhubungan, Komunikasi dan Informatika. Kedua, perlunya meningkatkan sinergitas alam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan di sektor Perhubungan, Koumnikasi, dan Informatika. Kemudian, sebagai upaya pengelolaan pemerintahan yang baik dengan perlunya segera melaksanakan pemerapan e-government,” jelas Immenuah. (novi)

(dibaca 511 X)