Tingkatkan SDM, Aceh Timur Laksanakan Pelatihan Akutansi

| Share on Facebook
pelatihan akutansi

Teks. Foto : Assisten III Bidang Administrasi Umum, Safrizal, SH, M.AP sedang memberikan kata sambutan ketika membuka Pelatihan Akutansi bagi pengelola Koperasi di Kabupaten Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » .

LENSAKAPUAS, ACEH TIMUR – Kondisi sumber daya manusia pengelola koperasi saat ini masih membutuhkan pembinaan, pendidikan dan peningkatan keterampilan untuk mewujudkan koperasi yang mandiri dan berdaya saing yang sehat. Hal yang paling mendasardihadapi adalah terbatasnya akses koperasi usaha mikro kecil dan menengah kepada sumber daya produktif, seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar. Keterbatasan tersedianya dana untuk modal kerja atau investasi telah menyebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya disamping sulit juga untuk mengembangkan produk yang berdaya saing.

Berdasarkan hal tersebut diatas, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, Koperasi dan UKM mengadakan Pelatihan Akutansi bagi pengelola Koperasi di Kabupaten Aceh Timur yang dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Safrizal, SH, M.AP di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Timur pada Selasa 10 Mei 2016.

Menurut Safrizal, SH, M.AP, pelatihanAkutansi bagi pengelola Koperasi ini sangat penting diikuti olh seluruh pengelola Koperasi, karena setiap lembaga itu harus mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar. Kita tahu pasti bahwasannya setiap pengelola Koperasi pasti menghadapi berbagai permasalahan di lapangan, maka melalui pelatihan ini nantinya akan berbagai solusi yang dapat diterapkan oleh masing-masing pengelola Koperasi nantinya engan harapan pelatihan ini juga bisa dijadikan wadah saling bertukar informasi terutama didalam menjalankan berbagai usaha Koperasi” ujarnya.

Sementara itu Kadis Disperindagtamkop dan UKM, T, Reza Rizki, SH, M.Si dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya pelatihan Akutansi bagi pengelola Koperasi ini adalah untuk menambah pengetahua serta keterampilan bagi pengelola koperasi tentang pembukuan dan tertib administrasi keuangan dengan sasaran adalah terwujudnya peningkatan penambahan pengetahua mengenai hal pembukuan dan tertib administrasi dengan harapan yang diharapkan dari hasil pelatihan ini meningkatnya sumber Daya Pengelola Koperasi tentang pembukuan dan tertib administrasi keuangan sehingga mampu menyusun laporan keuangan serta termotivasi untuk melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RKT) setiap tahunya.

Lebih lanjut T. Reza Rizki mengatakan,  Pelatihan akutansi bagi Pengelola Koperasi ini berjumlah 60 peserta yang dibagi kedalam dua gelombang pelatihan dimana setiap gelombangnya berjumlah 30 peserta yang erasal dari 12 Kecamatan dengan lamanya pelatihan sebanyak 3 hari termasuk registrasi peserta sementara hadir sebagai pemateri nantinya unsure Kajari Idi, Pihak Polres Aceh Timur dan dari Unsur Pemerintah Kabupaten Aceh Timur” pungkasnya. (Alam/Mmg)

(dibaca 137 X)