TNI Berikan Materi Survival Pada Jambore Penggalang

| Share on Facebook

1207-PramukaLENSAKAPUAS, PONTIANAK –  264 orang  Pramuka Penggalang putra dan putri dari enam Kwartir Ranting yang ada di Kota Pontianak mengikuti Jambore  Penggalang menerima Pengetahuan Dasar SurvivalLanud Supadio Gelar Latihan Survival. Lanjut Baca ... » yang disampaikan Sertu Suhardiman dari Anggota Kodim 1207 /BS, Minggu (15/11).

Jambore Penggalang diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai dengan 15 Nopember 2015 bertempat di Komplek SMA Negeri 8 Jalan Ampera Pontianak, kegiatan perkemahan tersebut dalam rangka persiapan mengikuti pesta Penggalang Jambore tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Buperta Cibubur Jakarta Agustus 2016 mendatang.

Suhardiman saat memberikan materi survival, Ia menerangkan “Survival bukan bagaimana bisa makan, tetapi bagaimana bisa hidup sesuai semboyan Survival harus hidup, dengan demikian, untuk bertahan hidup tidak terlepas dari lima elemen dasar yang terdapat pada Survival yaitu, api, pelindung, sinyal makan dan minum dan pertolongan pertama,” terang nya.

Usai memberikan materi secara teori praktis, Suhardiman melanjutkan dengan pemberian materi praktek tentang bagaimana cara menyalakan api secara tradisional tanpa ada bantuan dari bahan kimia yakni menggunakan media yang ada di alam sekitarnya salah satu contoh membuat sumber api dengan media bambu kuning, para peserta Jambore melakukan praktek pembuatan api dengan penuh semangat menggosokan bamabu untuk mendapatkan percikan api. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 239 X)