Tugas Relawan Awasi Proses pemilu

| Share on Facebook

sejuta relawaLENSAKAPUAS, PONTIANAK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalbar menggelar kegiatan Gebyar Sejuta Relawan, dengan mengusung tema “Optimalisasi Pengawasan Dalam Rangka Mewujudkan Pemilu Yang Berkualitas” di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Jalan Sultan Syahrir Abdurahman Pontianak.

Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah mengatakan bahwa Gebyar Sejuta Relawan bertujuan sebagai pengawas pemilu dalam upaya  membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu dan meningkatkan partisipasi politik pada segmen pemula yang jumlahnya sekitar 30 juta  melalui pengawasan partisipatif. “Hasil yang akan dicapai, untuk menumbuh kesadaran pemilih dalam mengamankan hak suaranya melalui pengawasan partisipatif dan mendorong proses pemilu berlangsung luber  serta jurdil,” kata Ruhermansyah.

Tugas dari relawan, kata dia, meliputi ; mencari dan menggali informasi terkait dugaan pelanggaran pemilu, memberikan informasi tersebut kepada PPL atau Panwas kecamatan. “Relawan adalah mitra dari PPL yang berperan sebagai pemberi informasi dan atau laporan terkait dugaan pelanggaran pemilu pada saat kampanye dan pada saat penghitungan suara,” jelas Ruhermasnyah.(novi)

(dibaca 735 X)