Viktor : PERADI Dibentuk Berdasarkan UU Advokat

| Share on Facebook

peradi pontianak-vertLENSAKAPUAS, PONTIANAK – Ketua Sum sertifikasi ujian dan magang PeradiPERADI : Advokat Wajib Bantu Masyarakat Kurang Mampu. Lanjut Baca ... » pusat, Viktor Nadapdap mengatakan, Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) merupakan organisasi advokat yang dimaksud di dalam Undang-undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat. “PERADI merupakan satu-satunya wadah profesi Advokat yang bebas dan mandiri yang dibentuk sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini,” ujar Viktor disela-sela kegiatan Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Calon Advokat di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Pontianak, Kamis (24/04) pekan lalu.

Menurutnya, sebelum diundangkannya UU No.18/2003, ada 8 organisasi advokat yang sudah terbentuk, yaitu : Ikatan Advokat Indonesia (IKADINPERADI : Advokat Wajib Bantu Masyarakat Kurang Mampu. Lanjut Baca ... »), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI), Serikat Pengacara Indonesia (SPI), Asosiasi Konsultan Hukum Indonesia (AKHI), Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), dan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI).

Delapan organisasi tersebut, kata dia, adalah organisasi advokat yang dibentuk berdasarkan kebebasan berserikat dan berkumpul yang dilindungi oleh konstitusi. “Sedangkan PERADI adalah satu-satunya organisasi advokat yang dibentuk berdasarkan UU Advokat, sehingga keberadaan PERADI merupakan sebuah kewajiban dari pelaksanaan Undang-undang,” tukas Viktor. (novi)

(dibaca 805 X)