Wabup : Masyarakat Penting Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan

| Share on Facebook

empat pilar kebangsaan

LENSAKAPUAS, ACEH TIMURMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » –  Wakil Bupati (Wabup) Aceh Timur Syahrul Bin Syama’un menyatakan pentingnya pemahaman masyarakat tentang empat pilar kebangsaan atau sering disebut konsesus dasar kebangsaan. Hal itu disampaikan Syahrul saat membuka sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan di Idi Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh, Kamis (4/6).

Dalam kesempatan itu Syahrul mengatakan bahwa terjadinya pergeseran nilai-nilai kebangsaan di tengah kehidupan masyarakat dewasa ini berdampak pada perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa. “Sosialisasi ini penting agar kita bisa memahami implementasi 4 pilar kebangsaan, sehingga terwujudnya persatuan dan kesatuan,” kata wabup.

Ia juga menekankan kepada peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, agama dan pemuda itu, untuk bisa menjadi penyambung lidah terhadap masyarakat lain akan nilai-nilai kebangsaan yang tercantum dalam pancasila, UUD 1946, bhineka tunggal ika dan NKRI. “Minimal peserta menjadi motivator dalam pengembangan nilai kebangsaan di lingkungannya masing-masing,” harap politisi Partai Aceh itu.

Sosislisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan tema “Dengan Memahami Nilai-Nilai Kebangsaan Kita Wujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta ikut berpartisipasi dalam menjaga Perdamaian Aceh” yang digelar Dinas Kesbangpol dan Linmas Aceh Timur itu, dihadiri seratusan peserta dan para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda diantaranya Ketua MAA Lahmuddin, Ketua FKUB yang akrab dipanggil dengan Waled Adzar.

Selain Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul, juga hadir Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Endra Kesuma ZR membawakan materi Ketahanan Nasional, Bela Negara dan Wasbang, AKP Marzuki dari Polres Aceh Timur menyampaikan Pembinaan Kamtibmas dan Stabilitas Daerah, Kesadaran Hukum dalam Masyarakat yang disampaikan oleh perwakilan Kajari Aceh Timur, Implementasi 4 Pilar Kebangsaan dalam berbangsa dan Bernegara disampaikan oleh Dr.Imam Jauhari,SH,M.Hum (Dekan fakultas Hukum Unsam Langsa) dan Pembinaan Sosial politik Kemasyarakatan disampaikan Ka Kesbangpol Limas Atim M. Amin, S.H., M.H.

Kesbangpol Linmas Aceh Timur berharap, melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran Masyarakat Aceh Timur dalam berbangsa dan bernegara serta ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam mewujudkan Perdamaian Aceh yang abadi. (Alam)

(dibaca 524 X)