Wamendikbud Resmikan IKIP PGRI Pontianak

| Share on Facebook

wamen resmikan geduung IKIPLENSAKAPUAS, PONTIANAK – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Wamendikbud) RI Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS belum lama ini meresmikan Gedung Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak yang terletak di Jalan Ampera Kota Baru Pontianak, dengan ditandai prosesi pengguntingan pita.

Usai peresmian, Rektor IKIP-PGRI Pontianak Prof. Dr. H.Samion ARPerubahan Status STKIP Jadi IKIP, Tinggal Persetujuan DIKTI. Lanjut Baca ... », M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Wamendikbud RI dan tamu undangan lainnya yang berkenan hadir dalam acara peresmian tersebut.

Dalam kesempatan itu, Samion sedikit bercerita soal perkembangan lembaga pencetak tenaga pendidik tersebut. “Sejak berdirinya lembaga itu pada tahun 1981 silam hingga tahun 2006, statusnya masih sekolah tinggi. Seiring perjalanan waktu, dengan berbagai usaha dan upaya yang telah ditempuh demi mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi. Alhamdulillah, pada tahun 1989-2006 pihak lembaga telah berhasil membangun sebuah gedung perkuliahan lengkap dengan sarana prasarana pendukung perkuliahan lainnya yang berlokasi di Jalan Ilham Pontianak. Sekarang gedung tersebut dipergunakan untuk Laboratorium IKIP-PGRI Pontianak,” ulas Samion.

Dijelaskannya, jumlah program studi yang ada di STKIP-PGRI Pontianak pada tahun 1989 s/d 2002 silam ada 4 Prodi, diantaranya : Prodi Administrasi Pendidikan, Bimbingan KonselingPusat Informasi Konseling Tunas Bangsa Menuju Puncak. Lanjut Baca ... », PPKN dan Prodi Matematika. Kemudian, tahun 2002 s/d 2007 terdapat 3 Prodi aktif S1, diantaranya : Prodi Bimbingan Konseling, PPKN, Matematika ditambah satu Prodi D2 yaitu Penjaskesrek. “Sedangkan untuk jumlah mahasiswa dari tahun 2006 yang lalu, kurang lebih 2500 orang, dosen tetap 95 orang.” ingat Samion.

Atas mandat yang ia terima sebagai Ketua STKIP PGRI PontianakPerubahan Status STKIP Jadi IKIP, Tinggal Persetujuan DIKTI. Lanjut Baca ... » sejak Desember 2006 s/d Mei 2014, Samion mengungkapkan bahwa dirinya bersama Civitas Akademika berusaha mengembangkan lembaga tersebut. Atas prestasinya tersebut, Samion pun kembali diberi mandat sebagai Rektor IKIP terhitung sejak Juni 2014 s/d 2018 mendatang.

Selanjutnya, Rektor IKIP itu mengungkapkan, untuk pembangunan gedung C yang berlantai 4 dan pembangunan gedung Rektorat yang berlokasi di Jalan Ampera Kota Baru Pontianak estimasi biayanya mencapai Rp54 Milyar. “99% bersumber dari mahasiswa. Atas diresmikannya Gedung IKIP-PGRI Pontianak ini mudah-mudahan ke depannya akan bisa lebih baik lagi serta akan mencetak para calon guru yang berkualitas, lebih profesionalisme, seseuai dengan Motto IKIP-PGRI MANTAB dengan arti Mandiri, Amanah, Nalar, Tanggung Jawab, Adil Bermartabat,” harap Samion. (novi)

(dibaca 899 X)