Warga Punggur Tuntut Pencuri Emas Dihukum Berat

| Share on Facebook
pencurian emas

Ilustrasi (fot0 NETT)

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Warga masyarakat Punggur Kecamatan Kakap Kabupaten Kubu Raya aparat Kejaksaan  dan Pengadilan Negeri Mempawah untuk menuntut dan menjatuhkan vonis maksimal terhadap empat (4) orang pelaku pencurian,  Eko (16), Yan (17), Wahyu (18) dan Mur (24) di rumah Hamdani Hamid, warga Jalan Pelita II RT.04/RW005 Desa Punggur kecil, Sei Kakap pada 24 Maret 2014 lalu. Bahkan, warga masyarakat setempat membuat surat pernyataan sebagai bentuk dukungan kepada aparat kepolisian setempat dalam mengungkap kasus tersebut.

“Kami atas nama masyarakat Punggur sangat mengharapkan Kejari dan pengadilan Negeri Mempawah untuk menindaklanjuti kasus pencurian  tersebut sesuai ketentuan pasal 263 ayat 1-4 KUHP,” pinta Rudi Halik, Tokoh Masyarakat Punggur, Minggu, 25 Mei 2014.

Menurutnya, keempatnya pelaku itu sudah sering melakukan perbuatannya, dan mereka sudah mengakui perbuatannya di depan warga masyarakat Punggur. Namun, kata dia, selalu saja ditempuh dengan jalur damai dan orang tua para pelaku menjadi penjamin untuk dilakukan penangguhan.

Untuk itu, anggota LSM LP2TRI Punggur ini berharap kepada JPU Kejari Mempawah dan Majelis Makim bisa menuntut dan menjatuhkan vonis maksimal  7 Tahun penjara kepada keempat pelaku yang telah menggasak perhiasan emas bernilai Rp11 Juta milik Hamdani Hamid itu dengan tanpa tebang pilih.

“Pertimbangannya, perbuataan mereka telah meresahkan masyarakat dan jelas-jelas merugikan korban. Selain itu, itu untuk memberikan efek jera kepada mereka agar tidak mengulangi perbuatannya lagi,” harap pria yang biasa di sapa Dewa menandaskan. (mul/novi)

(dibaca 709 X)