Wirausahawan Handal, Kerja Keras atauKerja Cerdas

| Share on Facebook
Dedi Burhanuddin, Ketua LSM Akar (ft; Istimewa)

Dedi Burhanuddin, SE.CH.CHt.CCH

Oleh : DEDI BURHANUDDIN, SE.CH.CHt.CCH (Direktur Akar Cendekia Institute- Mind Therapist-Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Pontianak)

Setiap orang menginginkan sukses dalam setiap aktivitas kehidupan dan usahanya namun tidak semua orang mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya. Kegagalan adalah merupakan guru yang paling baik kata pepatah namun pepatah tersebut akan sangat berguna bagi orang sukses namun bagi orang yang gagal, kegagalan bukan merupakan guru namun Pembuat Frustasi dan Stres.

Arti kata sukses adalah idaman setiap manusia namun untuk mencapai kesuksesan tersebut kita bukan hanya perlu Kerja Keras tetapi juga perlu Kerja Cerdas.   Kerja Keras dan Kerja Cerdas bagaikan sekeping mata uang yang tak dapat terpisahkan satu sama lain dalam mencapai kesuksesan dan merupakan alat dalam mencapai kesuksesan dan melalui kerja keras dan kerja cerdas kita dapat mencapai kesuksesan dalam menjalankan Usaha dan menjadi Wirausaha Handal.

Untuk mencapai kesuksesan Usaha melalui Kerja Keras dan Kerja Cerdas masih diperlukan Mindset Sukses. Untuk menjadi Seorang Wirausaha Handal, Mindset Sukses tidak tumbuh begitu saja namun melalui berbagai proses. Proses tersebut dimulai dari Pembelajaran dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat serta pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang kita dapat di Rumah dan di Sekolah serta Masyarakat dapat membentuk Mindset Sukses atau Karakter dan Sikap Wirausaha Handal. Namun sayangnya Pembelajaran di Sekolah saat ini kita rasakan belum dapat merubah Mindset atau Karakter dan Sikap untuk menjadi seorang Wirausaha handal yang dibutuhkan oleh masyarakat dan masih mengarah pada Mindset atau Karakter dan sikap menjadi employee atau pekerja.

Hal tersebut dapat dilihat pada materi pembelajaran yang diajarkan dalam mata pelajaran di sekolah kita sekarang ini. Untuk pelajaran Hitung Dagang atau pelajaran mengenai Kewirausahaan masih mendapat porsi yang kecil di Sekolah. Seharusnya Roh Kewirausahaan masuk ke dalam setiap mata pelajaran di sekolah mulai dari tingkat Dasar hingga Perguruan Tinggi. Sehingga peserta didik memperoleh Mindset sukses dalam usaha dan dapat menjadi seorang Wirausaha Handal.

Ketika seseorang membangun bisnis tentunya ada satu motivasi yang ingin di capainya. Mindset sukses atau Karakter dan sikap hidup yang dimiliki seseorang merupakan hal yang penting di miliki oleh seorang Wirausahawan handal. Sebagai Wirausaha yang handal untuk membangun sebuah usaha baru ibarat melahirkan dan memelihara seorang bayi kita sendiri. Seorang bayi yang baru dilahirkan tentunya kita dituntut untuk merawatnya dengan hati-hati, sungguh-sungguh dan benar, tidak akan meninggalkanya pada saat sakit dan menangis. Kemudian kita akan memberikan asupan gizi yang baik supaya bayi tersebut menjadi sehat dan kuat agar kedepan menjadi seorang yang tangguh dan handal.

Pada awalnya bisnis sangat rentan, dengan demikian maka pondasi usaha yang akan kita dibangun haruslah kokoh. Menurut beberapa pakar bisnis yang diungkapkan oleh seorang motivator Handal, Tung Desem Waringin bahwa Bisnis yang dibangun rata-rata hanya 40% saja yang akan tetap hidup pada tahun pertama. Kemudian pada tahun ke empat dari 40% yang hidup di tahun pertama hanya 20% saja yang akan bertahan. Jadi kalau sebuah bisnis pada awalnya dibangun tanpa pondasi yang kokoh maka akan ambruk di tahun pertama.

Menjadi seorang wirausahawan merupakan keinginan banyak orang dan menjadi Wirausahawan merupakan pilihan hidup. Namun dengan berbekal keinginan saja tidaklah cukup. Pengetahuan dan keterampilan dalam memanajemeni usaha merupakan salah satu faktor penting dimana pengetahuan mengenai Manajemen usaha seperti pemasaran, sumber daya, keuangan dan produksi haruslah kita kuasai.

Banyak Wirausahawan yang sukses memiliki Mindset atau karakter dan sikap yang mendukung kesuksesannya seperti Ichiro Honda dari Honda Motors, Ray Kroc dari MC Donald’s, Bill Gates dari Microsoft dan banyak lagi dan mereka mempunyai tiga alasan mengapa mereka menjadi sukses yaitu Pertama kemampuan membaca peluang yang ada dan belajar dari kegagalan, Kedua mampu mengambil inisiatif sendiri tanpa diperintah oleh siapapun dan Ketiga memiliki ketekunan dan tekat yang tinggi dalam usaha atau Istiqomah pada jalur Wirausahawan. Formulasi ketiganya ditambah dengan Kerja Keras dan Kerja Cerdas Insya Allah Kita akan menjadi Wirausahawan yang Handal.

(dibaca 1003 X)