Yonif 641/Raider dan Kodim 1207/Ptk di Alih Kodalkan

| Share on Facebook

kapendamLENSAKAPUAS, KUBU RAYA – Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Desius, SE memberikan keterangan kepada beberapa awak media cetak,maupun media elektronik, tentang Kodam XII/Tpr akan melaksanakan peresmian, adanya alih Komando dan pengendalian (Kodal) yang akan diselenggarakan hari Rabu pukul 13.30 Wib, tanggal 29 Januari 2014 di Aula Makodam XII/Tpr, Selasa (28/1).

Dalam keterangan Kapendam XII/Tpr, Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, bahwa ada dua satuan yang berubah alih Komando dan Pengendalian, berawal Komando Distrik Militer (Kodim) 1207/Pontianak, dibawah komando dan pengendalian oleh Komandan Korem 121/Abw dan satu Batalyon Infanteri 641/Raider, semula dibawah komando dan pengendalian oleh Komandan Brigif 19/Kh, kedua Satuan tersebut, beralih Kodal menjadi dibawah kendali komando langsung, oleh Kodam XII/Tanjungpura, terang Desius.

Lanjut Desius, Kodam XII/Tpr sekarang mempunyai satu Batalyon Raider, juga punya satu Kodim yang langsung dipimpin diawah komando dan pengendalian oleh Kodam XII/Tpr, yaitu Yonif 641/Raider dan Kodim 1207/Pontianak, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu wartawan mempertanyakan keberadaan TNI tentang terjadinya bencana. Kapendam XII/Tpr dengan lugas menjawab pertanyaan wartawan, TNI sudah jauh lebih lama mempersiapkan pasukan TNI AD khususnya untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti kejadian yang sekarang sudah banyak bahwa sodara kita, kena bencana banjir, tegasnya.

Selain itu, memberitahukan bahwa Kodam XII/Tpr  mengadakan Apel Gabungan Satuan TNI dalam menghadapi dan mengatasi bencana, juga melibatkan Instansi terkait dan unsur masyarakat di Wilayah Kodam XII/Tpr. “Ini sesuai yang diamanatkan oleh UU Nomor 34 Tahun 2004 tugas pokok TNI salah satunya adalah membantu, menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan,” tegas Kolonel Inf Desius. (alam)

(dibaca 847 X)