Mesyarakat Bersama Pemdes dan TNI-Polri Ikuti Diklat Karhutla

| Share on Facebook

Diklat Karhutla

LENSAKAPUAS, KETAPANG – Bertempat di Hotel Aston Ketapang, Dinas Kehutanan Kabupaten Ketapang, Kamis (7/4/2016), menggelar Diklat Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan Berbasis Masyarakat Angkatan XXIII, XXIV dan XXV Tahun 2016. Acara dibuka oleh Sekda Kabupaten Ketapang Drs. H.M. Mansyur.

Kepala Balai Diklat Kehutanan Bogor Ir. Jubaidah Pada kesempatan tersebut mengatakan, Diklat ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas ketanggapan dalam tugas menangani Karhutla di Kabupaten Ketapang. Diharapkan kepada para peserta Diklat agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh agar nantinya didapat ilmu yang bermanfaat bagi diri pribadi dan lingkungan dalam bertugas khususnya di bidang Karhutla. Peserta Diklat ini sebanyak 150 orang dari Kabupaten Ketapang, yang terdiri dari masyarakat, aparat desa, Babinkamtibmas, Babinsa dan lainnya.

Sekda Kabupaten Ketapang Drs. H.M. Mansyur dalam sambutannya mengatakan bahwa di Kabupaten Ketapang sebagian besar berupa lahan gambut, untuk itu kepada seluruh peserta Diklat untuk benar-benar dalam mengikuti kegiatan ini, ilmu yang didapat dicermati dan dipahami guna menghadapi pelaksanaan tugas dilapangan nantinya dapat secara maksimal dalam penanganan Karhutla di khususnya di Kabupaten Ketapang.

Lebih lanjut Drs. H.M. Mansyur mengatakan, dengan adanya pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan, mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang Karlahut, serta mampu melakukan pencegahan, memadamkan, penanganan pasca Karlahut.

Acara juga dihadiri Sekda Kab. Ketapang Drs. H.M. Mansyur, Kadis Kehutanan Ir. YP. Harnowo. M.Si, Kadiklat Kehutanan Bogor Ir. Jubaidah. M.Si, Kasdim 1203/Ktp Mayor Inf Sukur Hermanto, Wakapolres Kompol Sahroni, Para Muspika Kec. MHS, Benua Kayong, Delta Pawan, Muara Pawan dan MHU serta perwakilan dari Manggala Agni Kab. Ketapang dan masyarakat. Red

Authentifikasi : Pasiter Kodim 1203/Ketapang Lettu Inf Yulianto

(dibaca 372 X)