4 Tips Penting yang Perlu Diketahui Setiap NRI Tentang Perencanaan Pensiun

Perencanaan pensiun NRI: Berikut panduan langkah demi langkah bagi NRI untuk pensiun kaya - The Economic Times

Sebagai seorang anak muda, Anda mungkin memiliki beberapa aspirasi dalam hidup dan Anda dapat mencapai tujuan Anda secara perlahan dan pasti. Demikian pula, salah satu tujuan paling umum yang dimiliki setiap orang adalah menjalani gaya hidup yang sama, jika tidak lebih baik, setelah kita pensiun. Sebagai NRI (Non-residen India), Anda harus mengambil beberapa keputusan pensiun, dan merencanakan keuangan Anda dengan baik untuk mewujudkan impian ini.

Sebagai NRI, jika Anda ingin menetap di India pasca pensiun, perencanaan pensiun sangat penting bagi Anda daripada penduduk lokal. Dan, dengan sedikit pemikiran ke depan, Anda dapat bekerja untuk Anda dan membangun korpus yang layak. Berikut adalah beberapa tips perencanaan pensiun untuk NRI yang harus Anda ketahui.

Tentukan kapan, di mana, dan bagaimana

Langkah pertama dalam perencanaan pensiun adalah bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan kritis. Pertama, Anda harus memutuskan di mana Anda ingin pensiun. Meskipun Anda mungkin tidak tinggal di India tetapi pada akhirnya ingin menetap di sana. Banyak orang memutuskan untuk menghabiskan masa pensiun mereka di India karena meningkatnya daya beli uang yang mereka peroleh dari luar negeri berarti mereka dapat menikmati gaya hidup pensiun yang lebih baik.

Kedua, Anda harus memutuskan kapan Anda ingin pensiun. Ini adalah keputusan penting dan akan mempengaruhi pilihan investasi Anda. Saat ini, banyak orang lebih memilih pensiun dini agar Anda dapat menikmati melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan karena komitmen. Terlepas dari kapan Anda ingin pensiun, disarankan untuk mulai berinvestasi menuju pensiun sejak usia dini karena memungkinkan uang tumbuh dengan efek majemuk.

Terakhir, bagaimana Anda ingin pensiun sepenuhnya terserah Anda. Tergantung pada gaya hidup yang ingin Anda nikmati, Anda dapat menghemat uang pensiun dini dan hidup sederhana. Cara paling umum dari perencanaan pensiun adalah menginvestasikan sejumlah kecil setiap bulan ke dana pensiun. Anda mungkin memiliki dana pensiun di negara tempat tinggal Anda saat ini, yang dapat Anda transfer ke anuitas INR.

Memiliki tujuan yang tetap

Setiap orang memiliki tujuan pensiun tertentu. Misalnya, Anda mungkin ingin membangun rumah di tujuan liburan favorit Anda dan menjalani sisa hidup Anda di sana. Atau Anda mungkin ingin meninggalkan korpus besar untuk keluarga Anda. Terlepas dari tujuannya, Anda harus mulai merencanakannya sejak usia dini.

Pilih rencana investasi yang tepat

Jika Anda tidak memiliki dana pensiun di negara tempat tinggal Anda, Anda dapat mulai membangun portofolio Anda di India. Dan, beberapa skema investasi yang dapat Anda miliki di profil Anda, antara lain:

Reksa dana – Anda dapat berinvestasi dalam berbagai skema reksa dana dan rencana pendapatan bulanan yang sesuai dengan tujuan keuangan dan kemampuan mengambil risiko Anda. Ekuitas – Anda dapat berinvestasi dalam berbagai dana berorientasi ekuitas melalui dan akun yang terhubung ke rekening bank NRE atau NRO Anda FD – Deposit tetap adalah skema yang sangat baik untuk dimiliki dalam portofolio Anda. Anda dapat menautkan FD Anda ke akun NRE untuk mendapatkan bunga bebas pajak. NPS – Ini adalah skema bagus lainnya untuk membangun korpus pensiun. Ini memungkinkan Anda mendapatkan manfaat pajak serta pengembalian yang disesuaikan dengan inflasi.

Hindari kesalahan umum

Ingat, perencanaan pensiun bukanlah hal satu kali, itu adalah proses yang berkesinambungan. Dan, untuk membangun korpus pensiun yang signifikan, Anda harus mulai berinvestasi sejak usia dini dan tetap konsisten dengannya. Semakin cepat Anda memulai, semakin sulit uang akan bekerja untuk Anda.

Pastikan untuk memperhitungkan risiko investasi saat merencanakan masa pensiun Anda. Portofolio berisiko tinggi dapat menghasilkan pengembalian yang tinggi, tetapi saat Anda mendekati usia pensiun, lebih baik berinvestasi dalam skema aman yang memberikan pembayaran terjamin seperti rencana pendapatan bulanan.

kata akhir

Kunci sukses pensiun adalah merencanakan investasi Anda sejak usia dini. Lakukan riset dengan baik tentang skema apa pun yang Anda pilih untuk diinvestasikan dan pastikan Anda berinvestasi dalam skema yang sejalan dengan tujuan Anda.