7 Aktivitas Menantang di Danau Toba yang Wajib Kamu Coba

Danau Toba adalah salah satu tujuan wisata terpenting di Sumatera Utara. Danau kawah besar, yang terbesar di dunia, dibentuk oleh letusan gunung berapi besar lebih dari 70.000 dekade yang lalu. Pada saat yang sama, saya telah menulis tentang beberapa hal menarik lainnya di Sumatera (seperti Pulau Weh dengan penyelamannya yang luar biasa, Tangkahan yang memungkinkan untuk melakukan perjalanan laut, dan Bukit Lawang di mana Anda dapat melihat Orang Utan.

Ini akan sangat berharga! Dari bersantai dalam kesendirian atau bersama teman-teman, menikmati alam yang masih alami, bertemu dengan masyarakat Batak yang ramah dan menikmati suasana yang paling santai, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Danau Toba untuk membuat Anda tetap terhibur. Kami telah memilih beberapa hal yang paling luar biasa untuk dilakukan di Danau Toba. Mari kita lihat lebih dekat.

Lihat Beberapa Air Terjun yang Menakjubkan

Pulau Samosir adalah rumah bagi air terjun yang menakjubkan. Air terjun ini berada di perbatasan utara Danau Toba. Anda dapat mendaki air terjun untuk pemandangan yang menakjubkan dari lanskap sekitarnya (ada panduan bagus untuk air terjun di sini). Air terjun lain yang bagus untuk diperiksa adalah Air Terjun Binangalom, yang mengalir ke danau. Ini adalah tempat yang fantastis untuk berenang yang menyegarkan di hari yang panas dan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Danau Toba.

Kunjungi Pengadilan Kuno Ambarita

Ambarita adalah sebuah desa bersejarah di pulau Samosir. Tempat ini terkenal dengan ‘halaman kursi batu’ yang berusia 300 tahun. Di sinilah, para pendeta dan penguasa desa-desa di sekitarnya mengadakan dewan dalam takdir para penjahat, yang sering dipenggal kepalanya dan dibuang ke danau. Akhir yang mengerikan dari perbuatan buruk. Ini adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda mencari hal yang dapat dilakukan di Danau Toba.

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di sekitar Danau Toba adalah kayak. Di luar danau, Anda mungkin merasa menyatu dengan alam. Anda dapat dengan mudah menyewa Kayak dan mendayung ke air danau yang jernih. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan vulkanik yang menyentuh langit di atas. Ini adalah pengalaman yang menghidupkan kembali! Sebagai alternatif, Anda juga bisa memancing di perahu nelayan tradisional.

Trek to the Top of Pusuk Buhit

Pusuk Buhit mendaki 1.972 meter di atas permukaan laut. Gunung ini lebih dihormati dalam tradisi Batak. Menurut legenda setempat, itu adalah tempat kelahiran Raja Batak dan tempat asal suku Batak. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mendaki ke puncak Pusuk Buhit. Pemandangan 360 derajat pulau yang memesona dan danau tetangga di bagian paling atas Pusuk Buhit akan membuat Anda tercengang.

Jelajahi Kota Tuktuk Siadong

Jika Anda pergi ke Pulau Samosir, titik pemberhentian pertama Anda adalah kota Tuktuk Siadong. Kota ini tenang namun hidup. Ada banyak akomodasi, bar menawan, dan restoran. Anda dapat tinggal di sebuah bungalow bergaya Batak tradisional dan hanya berjalan-jalan, dan bertemu penduduk setempat yang ramah dan menikmati pemandangan danau sebelum menetap untuk menjelajahi pulau lebih jauh. Jika Anda mencoba mencari tempat untuk menginap di sekitar Tuktuk Siadong, cobalah Laster Jony’s dan Gokhon Guesthouse jika Anda memiliki anggaran terbatas. Rumah Keluarga Horas adalah pilihan kelas menengah yang sangat baik. Ini dasar, tetapi nyaman dan tuan rumah beradaptasi. Toba Village Inn adalah hotel yang ideal di pulau ini.

Terletak di kaki Pusuk Buhit Anda akan menemukan beberapa sumber air panas alami. Mungkin lebih baik untuk menyebut mata air ‘sangat panas’ ini. Atau mungkin sumber air panas. Beberapa mata air telah disalurkan ke kolam renang kecil di mana Anda dapat berendam di laut dan bersantai. Mereka tidak mahal dan sangat mendasar, tetapi tempat yang menarik untuk melihat apakah Anda dapat mengatur suhu panas air mereka.

Sewa sepeda motor dan Berkendara

Cara terbaik untuk melihat Pulau Samosir yang luasnya 1.707 kmĀ² adalah dengan memancing. Sebagian besar resor dan homestay menyediakan penyewaan sepeda motor. Sewa sepeda motor akan dikenakan biaya lebih, sekitar Rp 50.000 setiap hari. Perhatikan, selalu lebih baik aman daripada menyesal, jadi pastikan Anda tidak menilai dan ingat untuk selalu memakai helm! Bahkan dimungkinkan untuk melakukan perjalanan yang baik di sekitar danau. Tidak terlalu berani? Anda juga dapat menyewa sepeda untuk mengamati lebih banyak lingkungan sekitar.

Berencana mengunjungi Danau Toba dalam waktu dekat? Cari tahu lebih banyak tentang (Danau Toba) dan Indonesia dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.