79.243 Penari Perang Adat Dayak Pecahkan Rekor Muri di Korem 102/ Pjg Kalteng

| Share on Facebook

photo_2017-04-02_14-58-21

LENSAKAPUAS, KALTENG – Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa, SE., MA., M.Sc., Ph.D melalui Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos memberikan apresiasi terhadap Komandan Korem 102/Pjg Kolonel Arm Naudi Nurdika dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 43 Korem 102/Panju Panjung, karena telah mengangkat budaya lokal dalam bentuk pemecahan rekor Muri Tari Manasai.

Tari Manasai Tarian Suku Dayak Kalimantan Tengah. Manasai merupakan satu diantaranya jenis tari pergaulan dan melambangkan kegembiraan. Tarian ini dilakukan oleh beberapa orang penari pria dan wanita. Para penari berdiri berselang-seling antara pria dan wanita dalam satu lingkaran.  Tari ini biasanya juga diadakan untuk menyambut tamu-tamu istimewa atau biasa disebut juga dengan tarian selamat datang.

Pangdam XII/Tpr mengucapkan selamat kepada jajaran Korem. “Saya sangat bangga dengan Danrem bisa mengangkat budaya lokal, karena Kalteng akhirnya berhasil memecahkan Rekor Muri dengan jumlah penari terbanyak yang dilakukan secara serentak, total penari berjumlah 79.243 orang,” ucapnya, Sabtu (01/01/2017).

Dengan adanya kegiatan tersebut, Korem 102/Pjg kemudian menerima piagam penghargaan rekor muri yang diserahkan oleh Perwakilan Muri Indonesia, Yusuf Ngadri. Penghargaan rekor Muri juga diterima  Danrem 102/Pjg, Kapolda Kalteng, dan Wali Kota Palangka Raya.

Sementara Danrem 102/Pjg  Kolonel Arm Naudi Nurdika, dalam sambutan disaat pelaksanaan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Polri, Pemda dan seluruh masyarakat Kalteng yang telah mendukung terselenggaranya peringatan HUT Korem 102/Pjg yang telah hadir untuk melakukan Tari Manasai.

“Budaya lokal Dayak Kalteng yang perlu kita jaga kelestariannya, dengan kebersamaan ditengah keberagaman, mari ambil hikmah, rapatkan barisan, bersatu padu, menjaga kondusifitas, hingga terciptanya suasana kondusif, mari kita bangun bersama Kalteng agar semakin maju dan sejahtera,” ajak Danrem 102/Pjg Kolonel Arm Naudi Nurdika.

(dibaca 137 X)