Babinsa Lakukan Sosialisasi STBM

| Share on Facebook

 

photo_2016-02-29_09-16-19

LENSAKAPUAS, KETAPANG –  Babinsa Kodim 1203/Ktp Serka Kuswantoro dan Kopda Sumadi  melakukan Sosialisasi Sanitasi  Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Sandai dan Kecamatan Hulu Kabupaten Ketapang, akhir pekan lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan selama  dua hari mulai 26  hingga 27 Februari 2016, merupakan  kerjasama Kodim 1203 dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang untuk menciptakan sanitasi masyarakat  yang sehat, dan merupakan upaya mempercepat akses terhadap sanitasi yang layak dengan  pendekatan dan paradigma pembangunan sanitasi di Indonesia yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku, ujar Serka Kuswantoro saat melakukan sosialisasi.

Dalam menciptakan kondisi masyarakat  yang sehat, hal yang harus dilakukan diantaranya yaitu mempunyai akses dan menggunakan jamban sehat, mencuci tangan pakai sabun dan benar saat sebelum makan, setelah BAB, sebelum memegang bayi, setelah menceboki anak dan sebelum menyiapkan makanan, mengelola dan menyimpan air minum dan makanan yang aman serta mengelola limbah rumah tangga  baik cair maupun  padat, tambahnya.

STBM hanya akan terjadi apabila masyarakat terpicu untuk mau, berdaya dan melakukan praktik-praktik hidup bersih dan sehat. Kegiatan STBM dimulai dari adanya pemahaman masyarakat atas permasalahan yang mereka hadapi, adanya inisiatif dan keputusan masyarakat untuk berubah, dan diikuti dengan pelaksanaan kegiatan secara bersama-sama menggunakan sumber daya yang mereka miliki, tukas Serka Kuswantoro.

Hadir pada kesempatan tersebut Kasi Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Ketapang Ismail, Camat Sandai  F. Masdi  dan para Kades Kecamatan Sandai dan Para Kades Kecamatan Hulu Kabupaten Ketapang. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 287 X)

None found.