Cara Mencegah Penyakit Pernapasan dan Menjaga Kesehatan Paru-paru

Dengan banyaknya pasien yang menderita penyakit pernapasan dan berkumpul di fasilitas kesehatan, rumah sakit harus melacak setiap pasien dan mencatat seluruh proses keuangan per pasien menggunakan proses manajemen siklus pendapatan (Revenue Cycle Management (RCM). Namun, penyakit pernapasan dapat dicegah dengan menjaga kebersihan paru-paru. Berikut adalah beberapa cara orang dapat mencegah infeksi pernapasan.

Hindari Paparan Polutan Dalam Ruangan

Polutan dalam ruangan ditemukan baik di rumah maupun di tempat kerja. Oleh karena itu, orang harus menjaga kebersihan di dalam ruangan, termasuk jendela, lantai, langit-langit, dan furnitur. Ini karena debu dan kotoran yang menumpuk dapat memengaruhi organ pernapasan saat orang menghirupnya. Juga disarankan untuk tidak berada di dalam ruangan dalam waktu lama. Beberapa polutan udara dalam ruangan yang dapat mempengaruhi kesehatan pernapasan antara lain;

Cetakan Alergen Nitrogen dioksida Karbon monoksida Timbal Asbes

Hindari Merokok

Menggunakan produk tembakau tidak baik untuk kesehatan. Merokok diketahui menyebabkan penyakit kronis seperti emfisema, bronkitis, dan kanker paru-paru. Kanker tidak terjadi dalam semalam, dan itulah sebabnya dokter menyarankan mereka yang merokok untuk berhenti sebelum mereka mengalami gejala kanker atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Ini karena merokok menyempitkan saluran udara dan menyebabkan kesulitan bernapas sebelum merusak paru-paru.

Mencegah Infeksi

Orang bisa terkena flu sesekali, dan akan hilang setelah beberapa waktu. Namun, terkadang pilek bisa bertambah parah karena organ pernapasan telah terinfeksi. Untuk menghindari infeksi saluran pernapasan, orang harus menghindari keramaian, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menyikat gigi dua kali sehari, dan mendapatkan vaksinasi influenza. Setiap kali orang menderita flu, mereka harus menjaga jarak dari orang yang mereka cintai agar tidak menulari mereka.

Latihan rutin

Setiap orang harus berolahraga secara teratur terlepas dari usia, berat badan, atau kondisi mereka. Ini karena olahraga meningkatkan aliran darah di paru-paru, dan sebagai imbalannya, mereka menerima lebih banyak oksigen. Dengan demikian, mereka yang aktif secara fisik memiliki paru-paru dan jantung yang lebih kuat serta bernapas dengan nyaman. Olahraga teratur tidak harus kuat dan sehat. Beberapa menit yoga setiap hari sangat penting untuk paru-paru.

Hindari Paparan Polusi Luar Ruangan

Terkadang, kualitas udara luar ruangan di rumah dan area bisnis dapat menjadi tercemar. Menghirup udara seperti itu dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan dan masalah pernapasan. Paparan yang berkepanjangan dapat memiliki efek buruk, dan itulah sebabnya keluarga dan karyawan harus pindah ke tempat yang lebih aman untuk menghindari paparan. Penyebab paling umum dari polusi luar ruangan meliputi;

Debu yang tertiup angin Kendaraan bermotor Pembakaran bahan bakar padat Asap kebakaran hutan Emisi biogenik dari tumbuh-tumbuhan

Kunjungi Dokter untuk Pemeriksaan Reguler

Kunjungan rutin ke rumah sakit untuk pemeriksaan dapat membantu praktisi kesehatan menentukan potensi masalah pernapasan dan mengobatinya sebelum memburuk. Dokter menggunakan peralatan khusus untuk mendengarkan pernapasan pasien. Jika pasien memiliki masalah pada sistem pernapasan, dokter menyarankan obat atau pemeriksaan lebih lanjut. Dengan demikian, mereka yang melakukan pemeriksaan rutin tidak dapat mengembangkan masalah pernapasan yang kompleks di masa depan.

Di atas adalah tips untuk melindungi sistem pernapasan dari infeksi. Mereka harus diterapkan di rumah dan di tempat kerja sehingga orang-orang menikmati hidup yang lebih sehat dan lebih lama bersama orang yang mereka cintai.