Dandim 1203/Ktp Siap Bantu Petani

| Share on Facebook

Panen 1

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, S.Sos membenarkan kegiatan yang dilakukan oleh Danramil 1203-04/Sph Lettu Inf Budi Santoso bersama Muspika Kecamatan Simpang Hulu dalam melaksanakan panen raya di lahan sawah Pok Tani , Bukit Sedayang Dusun Deraman, Desa Semandang Kiri, Kecamatan Simpang Hulu pada Senin (06/03/2018) pagi.

“Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Danramil 1203-04/Sph Lettu Inf Budi Santoso bersama Muspika Kecamatan Simpang Hulu memanen padi dengan luas lahan 50 hektar dan hasilnya berkisar  5,6 ton perhektar”, ujar Kapendam di Media Center Jalan Teuku Umar Nomor 47 Kota Pontianak.

Kapendam menegaskan, bahwa Dandim 1203/Ktp Letkol Inf Riko Hariyanto siap mendukung kemajuan dalam pertanian agar lebih maju. Terutama bagi para petani yang ada di wilayah Kodim 1203/Ktp.

“Saat ini Koramil telah menyiapkan alat mesin  pertanian berupa hand traktor dan pompa air, bagi para petani. Jadi silahkan memanfaatkan alat tersebut untuk mengolah sawahnya menuju Swasembada pangan”, tegas Kapendam

Ditempat yang berbeda, Kepala Dinas Peternakan Dan Perkebunan  (Kadistanakbun)  Kabupaten Ketapang Sikat Gudak mengatakan bahwa saat ini, bertani bukanlah salah satu budaya tetapi merupakan bisnis.

“Saya berharap panen raya ini dilaksanakan dalam dua kali atau lebih dalam satu tahun. Karena panen raya ini sangat berkaitan dengan kebutuhan hidup yang semakin meningkat,” pinta dia

Dirinya menerangkan, dalam menghadapi musim tanam diharapkan agar segera mengajukan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk keperluan pertanian. Karena Alsintan akan menghemat waktu pengolahan lahan.

“Kita akan melakukan studi banding dari kelompok tani untuk belajar ke Kelompok Tani (Poktan) agar bisa lebih maksimal, sehingga diharapkan dari panen dalam satu tahun yang biasanya hanya sekali, kini bisa menjadi 2 sampai 3 kali panen dalam setahun. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pertanian bagi para  petani itu sendiri”, terang dia

Ditambahkan Komisi IV DPRD TK II Polo menilai, Kadistanakbun harus segera mengajukan tenaga penyuluh pertanian, karena adanya tambahan tenaga kontrak di Kabupaten Ketapang.

“Dengan adanya tenaga kontrak tersebut, kita harap masyarakat petani di Ketapang mampu mengembangkan pertaniannya, agar bisa lebih maju lagi”, tutup Komisi IV TK II DPRD Polo.

Acara Panen Raya tersebut dihadiri oleh Kadistanak & Perkebunan Ketapang, Komisi IV DPRD TK II, Danramil Simpang Hulu, Sekcam Simpang Hulu, Kades Semandang Kiri, Kepala BPP Simpang Hulu beserta PPL, dan Mantri Tani Satuan Pemukiman Dua beserta PPL.

(dibaca 186 X)