Danramil : Kalau Bukan Kita Yang Mempertahankan Negara Ini Siapa Lagi

| Share on Facebook

photo_2015-10-28_17-08-30

LENSAKAPUAS, SINGKAWANG – Komandan Koramil 1202-16/ Sedau, Lettu Inf Taufik Wiramansyah memberikan penyuluhan tentang bela negara kepada warga Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan di Kantor kelurahan Sedau, Selasa  (27/10).

Penyuluhan bela negara ini untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta mejalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945. “Kalau bukan kita yang menjaga dan mempertahankan negara ini, siapa lagi,”kata Lettu Inf Taufik wiramansyah.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa dirinya adalah warga negara NKRI yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila dan juga meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajibannya, mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan negara dan bangsa.

Dia juga menambahkan, kita sebagai bangsa merdeka harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai peran dan kegiatan, salah satunya adalah dengan peduli pada situasi yang terjadi, dimulai dari lingkungan kita masing masing.

Selain memberikan materi tentang bela negara, Danramil juga menyampaikan materi tentang taat aturan dan hukum yang berlaku di negeri ini, karena jika itu dilanggar sudah pasti ada hukumannya. Masyarakat juga diminta untuk ikut menjaga kondusifitas dilingkungannya masing-masing. “bentuk kepedulian lainnya dalam berbangsa dan bernegara, kita harus mau dan tau persis apa itu hukum ataupun kegunaannya. Sebagai contoh, di jalan raya kami masih banyak melihat bapak ibu saat mengendarai sepeda motor tidak memakai helm,” katanya.

Beberapa sentilan, pengertian dan ajakan juga terlontar saat penyuluhan berlangsung hingga pukul 11.30 Wib. “Jadi sepulangnya dari penyuluhan ini kiranya para warga kelurahan sedau yang hadir saat ini, dapat memberi tahu kepada saudara/i ataupun anak-anak kita agar selalu mentaati hukum, gunakan helm jika berkendara di jalan raya. Ini semua bukan saja sebagai bentuk kesadaran dan penghargaan kepada hukum itu sendiri, tetapi juga bermanfaat untuk keselamatan kita semua”, ujarnya. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 399 X)