Hindari Kecurangan, Disperingkop Kalbar Tera Timbangan Pedagang di Sekadau

| Share on Facebook
Teralogi 2
Petugas Teralogi Provinsi Kalimantan Barat melakukan tes timbangan dengan alat standar Teralogi, Senin (4/4) – ft.joy

LENSAKAPUAS, SEKADAU – Petugas Terologi dari Dinas Perindustian dan Perdagangan (Perindagkop) Provinsi Kalimantan Barat pada Senin (4/3), menyambangi sejumlah pedagang kaki lima (PKL) dan toko di Pasar Sekadau Kalbar. Tujuannya, guna memastikan timbangan milik pedagang yang digunakan dalam aktifitas jual beli harus standar, guna menghindari terjadinya kecurangan. Hal tersebut sesuai amanat Undang-undang RI No.2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Pantauan di lapangan, para pedagang terlihat begitu antusias mendatangi petugas tera dengan membawa timbangan masing – masing.

Dolog Saribu, petugas Teralogi Disperindagkop Kalbar menjelaskan bahwa pelaksanaan teralogi timbangan di Kabupaten Sekadau tersebar dibeberapa kecamatan. “Beberapa hari lalu kita di Nanga Mahap dan Nanga Taman. Hari ini di Sekadau Hilir,” ujar Dolog. Peneraan, sambungnya, akan dilakukan secara rutin setiap tahun.

“Teralogi ini adalah untuk melindungi konsumen dari kecurangan pedagang dalam bertaransaksi jual beli, sehingga tidak ada kecurangan dalam timbangan saat transaksi jual beli barang yang diukur dengan timbangan,” tegas pria ramah itu.

Ia pun meminta para pembeli untuk jeli ketika pedagang sedang menimbang. “Konsumen sebaiknya memperhatikan timbangan yang digunakan pedagang, apakah sudah memiliki logo Teralogi di timbangannya. Jika tidak ada logo Teralogi, maka konsumen bisa menolak pedagang mengunakan timbangan yang akan di jadikan alat ukur itu,” saran Dolog.

Menurut dia, konsumen berhak untuk menolak transaksi jual beli apabila diukur dengan timbangan yang tidak berlogo Teralogi.

Lanjut Dolog, bahwa tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan melaksanakan razia timbangan, untuk memastikan semua pedangang menera timbangan. “Kalau masih ada yang belum, ataupun pada saat razia kita dapati masih ada pedagang yang melakukan kecurangan, bisa kita tindak,” tandasnya.

Pelaksana Harian Sekretaris Kecamatan Sekadau Hilir, Sunardi S.IP., M.Si, menyambut baik atas program peneraan timbangan yang dilakukan oleh Disperindagkop Kalbar di wilayahnya.  “Rencananya akan dilaksanakan di Desa Sungai Ringin yang merupakan kawasan perdagangan dalam Ibu Kota Kabupaten Sekadau dan di Desa Gonis Tekam,” sebut Sunardi.

Ia pun mengapresiasi, dengan peneraan timbangan milik pedagang, akan memberikan jaminan bagi konsumen untuk terhindar dari perbuatan curang saat bertransaksi jul beli.

Dalam kesempatan itu, Teralogi Disperindagkop Kalbar menera sebanyak 185 timbangan dari berbagai jenis yang ada di Kabupaten Sekadau. Peneraan masih akan terus dilakukan hingga beberapa hari kedepan. (Joy/red).

(dibaca 263 X)