Kapolsek : Tiga Langkah Antisipasi Deteksi Pergerakan Organisasi Terlarang

| Share on Facebook
AKP. Novrial A Kombo, Kapolsek Pontianak Timur
AKP. Novrial A Kombo, S.IK.,  Kapolsek Pontianak Timur

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kepala Kepolisian Sektor Pontianak Timur AKP Novrial A. Kombo, Sik saat ditemui ruang kerjanya Jum’at (15/01) mengatakan bahwa pihaknya selalu siap melindungi masyarakat khususnya di wilyah hukum Pontianak Timur guna mengantisipasi dugaan aliran kepercayaan yang dianggap menyimpang dari ajaran agama sesungguhnya, salah satu contoh baru-baru ini dikenal sebutan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang telah banyak tersebar di beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan pihaknya beserta jajaran, kata dia,

Pertama, melaksanakan kegiatan penyelidikan dan deteksi dini, tentang keberadaan ormas gafatar atau ormas lainnya di wilayah hukum Pontianak Timur. Apakah ada atau tidak, laporan dari warga sekitar tempat tinggal mereka, dengan memerintahkan bidang Babinkamtibmas dan Unit Intel.

Kedua, selalu melaksanakan koordinasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta ormas agama, guna untuk memperkuat pertahanan dan keamanan antar umat bergama, agar tidak mudah terpengaruh dan terpancing,  yang tidak dibenarkan oleh agama dan pemerintah.

Ketiga,  memberikan informasi kepada masyarakat khususnya Pontianak Timur tidak mudah bersikap anarkis dan kontra produktif dalam menyikapi/menentang ormas yang dianggap ajarannya tentang keagamaan bersifat menyimpang, guna menghindari timbulnya konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat.

(Syaiful).

(dibaca 363 X)