Kodam XII/Tpr Gelar Penataran Pembinaan Mental

| Share on Facebook

photo_2016-03-14_14-29-54

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Inspektur Kodam (Irdam) XII/Tpr Kolonel Inf Didiet Pramudito membuka Penataran Pembinaan Mental (Tar Bintal) jajaran Kodam XII/Tpr TA. 2016 Di Aula Denkav 2/BC Jl. Adi Sucipto Sungai Raya,Kubu Raya, Senin (14/03). Penataran dilaksanakan selama enam hari mulai 14 sampai dengan 19 Maret 2016 yang diikuti oleh 50 orang.

Penyelenggaraan Penataran Pembinaan Mental untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta penataran sehingga memahami dan mampu menyelenggarakan Bintal,di masing-masing satuan jajaran Kodam XII/Tpr disampaikan Pangdam XII/TprKodam XII/Tpr Buka Pendaftaran Prajurit TNI AD. Lanjut Baca ... » dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irdam XII/Tpr.

Selama penataran, para peserta akan diberikan berbagai materi, diantaranya konsepsi dan Manajemen Bintal TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » AD, Bintal Fungsi Komando, Pembinaan Rohani Islam, Protestan, Katolik dan Hindu, bagaimana Implementasi kerukunan antar umat beragama, penyelenggaraan NTCR (Nikah Talak Cerai dan Rujuk), serta pembinaan mental ideologi dan kejuangan, terangnya.

Disamping itu, para peserta juga akan diberikan materi aplikatif seperti manajemen dan penyelenggaraan bintal disatuan serta praktek merencanakan kegiatan Bintal di Satuan hingga praktek ceramah bintal. Keberadaan Bintal yang menyertai kehidupan prajurit baik di dalam maupun di luar satuan masih terus dibutuhkan, guna memelihara prajurit agar tetap berjiwa Sapta Marga, lanjutnya.

Dalam upaya mewujudkan Institusi  TNI yang profesional, tentunya harus didukung dengan  sumber  daya manusia yang berkualitas dan bermoral maka dibutuhkan penyelenggaraan Bintal secara konsisten terhadap prajurit untuk memelihara dan meningkatkan semangat dan jiwa kejuangan yang dilandasi oleh tradisi  nilai-nilai  luhur  keprajuritan. “Hasil pelaksanaan Bintal yang baik, akan terlihat apabila masing-masing pribadi prajurit TNI tumbuh rasa kesadaran dan keikhlasan untuk senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi disertai rasa tanggung jawab yang tinggi”, tegasnya.

Pangdam mengharapkan,  para peserta Penataran Bintal nantinya memiliki jiwa dan semangat pengabdian yang tinggi, semangat juang yang tangguh dan mampu menempatkan diri sebagai contoh dan teladan serta memberi santi karma  kepada  segenap prajurit lainnya. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 352 X)