Masjid Besar Khairussa’adah Peninggalan Kerajaan Kubu Terabaikan

| Share on Facebook

foto wtw om budi

Arifin : Pernah Dianggarkan Rp1 Miliar, Cuma Janji Manis di Bibir

LENSAKAPUAS, KUBURAYA – Mesjid Besar Khairussa’adah yang terletak di Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu RayaPleno Penetapan Hasil Pilkada KKR Diwarnai Aksi Protes. Lanjut Baca ... » yang merupakan salah satu bangunan peninggalan bersejarah dan memiliki nilai historis mengenai kisah kejayaan masa kerajaan yang pernah berkuasa di Kubu Raya tersebut yang sudah mulai terlupakan

Masjid yang terletak di hulu sungai itu terlepas dari pantauan bila menyisiri tepian Sungai Kapuas. Mesjid ini sebagai bukti sejarah yang bisa dilihat anak cucu kita dimasa yang akan datang dan bercerita.

Menurut Ketua DPC LP3K RI Kabupaten Kubu Raya, Arifin, Mesjid Besar Khairussa’adah dibangun dimasa kejayaan pemerintahan Syarif Abdurrahman Bin Syarif Al Idroes dan sampai saat ini bangunan tersebut masih terjaga letaknya sedangkan bentuk fisiknya telah mengalami perubahan, karena telah rusak termakan usia.

Renovasi pernah dilakukan pada zaman Bupati Kabupaten Pontianak yang kala itu di jabat oleh Kimha. Masyarakat sekitar bersama Bupati Kimha saat itu antusias melakukan renovasi Mesjid Besar Khairussa’adah. Namun setelah sekian lama tanpa renovasi kembali kondisi pisik Mesjid perlu mendapat perhatian kembali.” Kami masyarakat Kubu khususnya Jemaah Khairussa’adah yang ada di Dusun Karya Raja sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya,” harap Arifin.

Menurut Arifin, pada tahun 2016 lalu pernah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Kubu Raya di Dinas Cipta Karya untuk penataan halaman dan pagar tanah Wakaf Danak Raja dengan anggaran sekitar Rp1 Milyar. Bahkan sudah ada perusahaan pemenang tender pekerjaan tersebut. “Jangankan terealisasi pada tahun 2016, hingga kini pun rencana tersebut tinggal janji janji manis dibibir saja,” tuturnya.

Kabarnya, kata dia, Kabupaten Kubu Raya mengalami devisit anggaran sehingga tertunda lah pekerjaan tersebut. “Katanya lagi pekerjaan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017, tapi sepertinya hanya janji janji manis dibibir saja lagi,” tandas Ariin. (Tri-Bg)

(dibaca 247 X)