Mudik, Dishub Kayong Utara Bentuk Tim Bantu Kelancaran Arus Lalu Lintas

| Share on Facebook

20170616_104655

LENSAKAPUAS, KAYONG UTARA – Persiapan menjelang arus mudik masyarakat pengendara yang menggunakan jalur sungai, darat, Dinas Perhubungan Kayong Utara sudah membentuk tim kordinasi penyelenggara lebaran terpadu melibatkan beberapa intansi, seperti Dinas Pekerjaan Umum(PU), Polres, Satpol PP. “Tujuannya untuk memberi kenyamanan, kelancaran arus mudik Sebelum atau pun sesudah Idul Fitri,” ujar Rusli  Kadishub Kayong Utara, belum lama ini.

“Kita juga sudah membentuk posko untuk angkutan lebaran. Ada 2 posko yang sudah dibangun, posko pertama ada di pelabuhan Teluk Batang, karena Teluk Batang adalah pintu gerbang arus mudik paling banyak, dikhawatir penumpang akan melonjak,” jelas Rusli.

Sedangkan posko kedua, sambungnya,  terletak Kecamatan Sukadana. “Karena lepas lebaran biasa masyarakat banyak berlibur ke pantai Pulau Datok  letaknya di Kecamatan Sukadana, jalan itu akan dipastikan padat,” ulasnya.

Ia pun berharap, bagi pemudik menggunakan kendaraan roda 2 harus memperhatikan kelengakapan kendaraannya, seperti kelayakkan kendaraan. “Dan jangan  lupa menggunakan helm.”

Sedangkan pemudik yang menggunakan perairan, kita harus perhatikan alat keselamatan kapal motor atau fery. Rusli juga menghimbau kepada para operator kapal untuk tidak memuat lebih dari kapasitas kapal, karana akan membahayakan penumpang.

“Bagi pemudik jangan paksakan diri kalau kapal sudah penuh. Kita akan tindak tegas kalau ada operator kapal apabila memuat kapasitas lebih,” ancam Kepala Dishub Kayong Utara Rusli. (Thomas/red)

(dibaca 166 X)