Ny. Frederika Cornelis Lantik Ny. Maria Lestari Heriadi sebagai Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Landak

| Share on Facebook

Pelantikn PKK landak.1

LENSAKAPUAS, LANDAK – Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Frederika Cornelis,S.Pd lantik dan kukuhkan Maria Lestari Heriady sebagai Ketua TPP PKK  dan Dekranasda Kabupaten LandakKarolin MN Potensi Calon Tunggal di Kab.Landak. Lanjut Baca ... ». hadir pada acara Bupati dan Wakil Bupati Landak priode 2017-2022, SKPD Kab Landak, dan undangan lainnya,(22/5).

Keputusan pelantikan tertuang dalam keputusan ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat nomor 22/KEP/PKK.Prov/V/2017 tentang pemberhentian Pj. ketua Tim Penggerak PKK  kabupaten Landak dan pengangkatan Ketua TP PKK  Kabupaten Landak.

Sebelum memulai sambutan, Frederika Cornelis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada NY. Kristinayati Jakius, selaku PJ. Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Landak atas dharma bhakti nya sehingga PKK Kab Landak berhasil  meraih prestasi pada waktu HKG tahun 2016 dan HKG PKK tahun 2017 serta berbagai keberhasilan program PKK yang lainnya.

Dalam sambutannya, Frederika Cornelis mengatakan sasaran pembinaan PKK adalah keluarga, yang perlu mendapat perhatian untuk ditingkatkan kesejahteraanya sehingga tercipta keluarga yang maju dan mandiri. Untuk itu, kepada Ketua TP PKK yang baru Maria Lestari Herculanus Heriady sebagai Ketua TPP PKK  Kabupaten Landak dapat menjalankan tugas-tugasnya untuk lebih lagi meningkatkan TP PKK di Kabupaten Landak sesuai dengan 10 program pokok PKK  yang ada, serta percepatan 10 program pokok PKK  dapat terwujud, Ujar Frederika Cornelis.

Perlunya percepatan program menurut Frederika Cornelis, di dasarkan pada kenyataan bahwa selama ini kita melaksanakan 10 program pokok PKK secara normatif bahkan cendrung rutinitas, padahal perkembangan program di masyarakat dan pemerintah pada dewasa ini berkembang begitu cepat dan sangat bervariasi. dari 10 program pokok PKK ini ada program prioritas dan program unggulan  serta tidak menutup kemungkinan ada program spesifik daerah  sesuai dengan program pemerintah daerah.

Ada 10 program pokok PKK yang dirumuskan secara operasional dalam kelompok kerja I s/d IV yang programnya sangat menyentuh lapisan masyarakat yang berbasis pada kegiatan dasawisma mengigat dasawisma sebagai ujung tombak dari gerakan PKK. penerapan 10 program pokok dapat terwujud apabila didukung oleh peran aktif berbagai pihak terutama DPRD dan OPD terkait serta masyarakat terutama di kabupaten landak.

Sebagaimana halnya PKK, Frederika Cornelis yang juga Ketua Dekranasda Prov Kalbar mengatakan Dekranasda juga merupakan organisasi yang tidak berorentasi keuntungan/nirlaba yang keberadaannya merupakan mitra pemerintah terutama dalam hal mamajukan dan mengembangkan usaha industri kerajinan rakyat dengan tetap memperhatikan dan melestarikan kerajinan rakyat dengan tetap memperhatikan dan melestarikan kearifan nilai-nilai budaya lokal.

Oleh karena itu peran dan fungsi Dekranasda ke depan dirasakan semakin berat, mengigat tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam rangka untuk menumbuh kembangkan usaha kerajinan rakyat mulai dari terbatasnya akses pasar, permodalan, teknologi, SDM dan permasalahan daya saing produk.

Berkaitan dengan hal tersebut, menurut Frederika Cornelis salah satu langkah secara internal yang dapat dilakukan oleh ketua Dekranasda Kab Landak dalam rangka untuk meningkatkan peran dan fungsi dekranasda adalah melakukan konsolidasi dan penguatan Organisasi.

Sementara itu, dalam sambutan pertamanya selaku penasehat TP PKK Kabupaten Landak  dr. KarolinKarolin MN Potensi Calon Tunggal di Kab.Landak. Lanjut Baca ... » Margret Natasa yang baru dilantik sebagai Bupati Landak mengatakan kegiatan ini tidak kalah pentingnya karna Ketua PKK dan Dekranasda menjadi motor penggerak utamA. “Menjadi TP PKK tidaklah gampang, karna saya sudah melihat kiprah PKK, dan saya juga adalah anak dari PKK, dan saya sudah tahu betul gerakan PKK,” ujarnya.

PKK harus tetap bekarya, memberikan sumbangsihnya bagi masyarakat melalui berbagai program kegiatan. kepada kepala SKPD, Camat, dan lain sebagainya, diharapkan untuk selalu memberikan dukungan.  khusus bagi, Maria Lestari Herkulanus Heriadi sebagai ketua TP PKK dan Dekranasda, Bupati Landak tersebut berpesan untuk tidak lupa berkordinasi, bertanya kepada ketua PKK yang lama, hal apa saja yang harus dilakukan, agar program-program PKK dan Dekranasda yang sudah dijalankan dapat segera terwujud, tutur, Karolin Margret NatasaISSI Kalbar Agendakan 4 Event Besar. Lanjut Baca ... ». (humas/red)

(dibaca 68 X)