Perangkat Desa di Mempawah Diberi Bimtek Kelola Keuangan Desa

| Share on Facebook
kabid-pemdes-kab-mempawah-rizal-multiadi

Rizal Multiadi, Kabid Pemdes Mempawah

LENSAKAPUAS, MEMPAWAH – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjasama dengan BKBPPPAPMPD Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan Bimtek Siskeudes se-Kabupaten Mempawah tahun 2016, yang diikuti oleh sejumlah sekretaris desa, bendahara, dan operator. “Bagi yang belum  memiliki  operator boleh kirimkan perangkat desa atau kepala desa,  tapi yang bisa mengentri data,”ujar Rizal Multiadi Kabid Pemdes Kab Mempawah di Hotel Orchad perdana, pada Kamis 27/10.  

Terlaksananya kegiatan tersebut, kata Rizal, karena pembinaan dari BPKP terhadap pemerintahan desa se-kabupaten Mempawah. “Bantuan pembinaan ini  untuk meningkatkan kapasitas mereka di bidang keuangan desa. Salah satunya yang  menggunakan  sistem  aplikasi terhadap  pertanggungjawaban  keuangan desa.” 

Menurut dia, harus dilakukan sistem aplikasi, karena dengan adanya nota kesepahaman dari Depdagri dengan BPKP Pusat bahwa untuk pertanggungjawaban harus menggunakan sistem aplikasi. Kemudian pertanggungjawaban dari dana desa nanti linknya berkaitan langsung dengan  lampiran laporan pertanggungjawaban  kepala daerah. 

Rizal menambahkan, disamping  soal pertanggungjawaban  sistem aplikasi  itu adalah untuk ketertiban, kelancaran, dan bisa dipergunakan oleh  semua pihak  yang berkepentingan, termasuk Bupati. “Maka  dari itu sistem aplikasi ini wajib digunakan setiap desa,” pintanya

Selain itu, lanjut Rizal, dengan menggunakan sistem aplikasi tersebut tentunya akan memudahkan dalam hal pengawasan, seperti BPK atau KPK. “Jadi orang-orang pusat juga boleh untuk mengawasi  dana ini. Sistem aplikasi ini  adalah sistem  cara otomatis dalam memeriksa  sendiri perencanaan di desa  yang di mulai dari RPJM, RKPdes, RAPBdes. Nah kalau sistem itu salah akan ketahuan nantinya,” tandas Rizal Multiadi. (Sur/Red)

(dibaca 190 X)