Peringatan HUT RI ke-71 di Sanggau, Bupati Paparkan Realisasi Program Kerja

| Share on Facebook

upacara hut ri ke71 sanggau

LENSAKAPUAS, SANGGAU – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 di halaman kantor Bupati Sanggau, Kamis (17/8) berlangsung khidmat. Pada upacara peringatan detik – detik proklamasi yang dimulai pada Pukul 10.00 WIB tersebut, dihadiri oleh berbagai stakeholder, mulai unsur Forkompinda Sanggau, DPRD, jajaran SKPD Pemkab Sanggau, PNS, TNI, Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan ratusan pelajar serta tamu undangan. Selain itu, dalam moment tersebut juga dihadiri oleh mantan Bupati Sanggau Yansen Akun Effendy, SH, M.Si, MH.

Pengamatan LensaKapuas di lapangan, seluruh peserta upacara maupun tamu undangan yang hadir dadn duduk di barisan depan tampak serius mengikuti setiap agenda acara yang disusun protoler, hingga sesi pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskribra) usai dilaksanakan. Namun, ditengah berlangsung upacara pengaruh cuaca panas yang begitu menyengat, ada puluhan peserta upacara yang jatuh pingsan, mulai dari kalangan pelajar hingga pegawai.

Usai pengibaran bendera, Bupati Sanggau Paolus Hadi juga berkesempatan menyampaikan pidato tentang hasil kinerja selama kepemimpinannya dalam kurun waktu 2,5 tahun sebagai kepala daerah. Dalam pidato yang berdurasi sekitar 30 menit itu, Bupati menyampaikan sejumlah realisasi program di sejumlah sektor yang ada.

Dilain sisi, dalam paparannya tersebut, Bupati Paolus Hadi mengakui bahwa untuk penyerapan anggaran pada Tahun 2015, masih sangat minim. “Pada tahun 2015, kita terkendendala anggaran tidak terserap secara maksimal,” ungkap Paolus Hadi. Untuk itu, sambungnya, di tahun 2016 ini pihaknya akan memaksimalkan dan berharap tidak ada kendala.

“Tentunya ini adalah tantangan, karena memang terlalu banyak perubahan – perubahan aturan yang harus dimengerti. Kemudian ada kecerdasan baru yang harus kita miliki, yang harus kita buang kebiasaan lama, agar kita bisa kerja lebih maksimal dan tentu perlu kehati – hatian sesuai perundang – undangan yang berlaku,” tukas Paolus.

Dikatakannya, bahwa anggaran APBD Sanggau berkisar Rp1,6 Triliun dan 60 persennya sudah digunakan untuk biaya – biaya operasional pemerintah dan juga biaya belanja pegawai dan seterusnya. “Sementara belanja langsung yang bisa digunakan untuk belanja modal dan pengadaan barang masih perlu ditingkatkan kedepan,” harap dia.

Paolus Hadi juga memberikan apresiasi atas kinerja para Bupati sebelumnya, yang telah lebih dulu mulai berkarya untuk pembangunan di Kabupaten Sanggau.

Usai pidato Bupati, agenda pun dilanjutnya dengan pembagian hadiah dan penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba dan kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Sanggau, pemotongan tumpeng, dan hiburan berupa tari-tarian  dari sejumlah sanggar. Red

(dibaca 238 X)