Satgas Karhutla Berhasil Padamkan Api & Evakuasi 500 Warga Rasau Jaya KKR

| Share on Facebook

evaluasi karhutla

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA – Jum’at (08/04) sore kemarin, kebakaran hutan kembali terjadi di Desa Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya yang merambah ke pemukiman penduduk. Mendapat informasi tersebut, Tim gabungan Satgas Karhutla terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran dan petugas medis, secara bersama terjun langsung ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman dan evakuasi warga.

Sebanyak 500 warga masyarakat berhasil dievakuasi tim gabungan Satgas Karhutla terdiri dari 87 orang laki-laki dewasa, 276 perempuan dewasa, 50 anak laki-laki serta 87 anak perempuan. Dalam kejadian tersebut terdapat 2 orang korban meninggal, dan 4 orang laki-laki terbakar sehingga mengalami cacat serta 3 orang laki-laki mengalami depresi akibat kejadian tersebut. Sementara itu, api berhasil dipadamkan berkat kerja keras dan kesigapan Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI dan instansi lain seperti Polri, BNPB, BPBD, Tim SAR, Tim DVI, Kelompok masyarakat, Pelajar dan Mahasiswa yang turut membantu penanggulangan bencana.

Operasi penanganan kebakaran tersebut, merupakan simulasi latihan dari tim gabungan yang dibentuk oleh Kodam XII/Tpr serta intansi terkait lainnya dalam mengatasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi akibat bencana Karhutla di Kalimantan Barat. Kodam XII/Tpr bersama seluruh intansi terkait serta elemen masyarakat untuk peduli akan bahaya kebakaran hutan dan lahan yang sangat berpotensi di Kalbar. Ini guna mencegah terjadinya bencana asap seperti tahun lalu yang berdampak pada kehidupan masyarakat.

Peristiwa yang baru saja terjadi merupakan rangkaian dari pelaksanaan latihan Gladi Lapang Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Latihan kesiapsiagaan yang diselenggarakan oleh Kodam XII/Tpr bersama Pemkab Kubu Raya ini langsung diawasi oleh tim Kodiklat TNI Ujar Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jacky Aries Tanto selaku Komandan Ke Siap Siagaan gladi lapang latihan pencegahan dan penanggulan Karhutla.

Dalam pelaksanaan evaluasi yang dipimpin oleh Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi dihadiri Bupati Kubu Raya  Drs. Usman Ali, para Asisten/Kabalak, Dandim 1207/BS, Kapolres, Kepala Kesbangpol, Kepala Kantor Satpol PP, Kepala Dinas Kesehatan, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kubu Raya.

Pada kesempatan tersebut,  Bupati Kubu Raya Drs. Usman Ali menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XII/Tpr dan instansi lain yang telah memilih Kabupaten Kubu Raya sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan latihan gladi lapang penanggulangan bencana ini. Ia juga menyambut baik serta mengapresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Saya berharap dengan adanya latihan ini Kodam XII/TPR memiliki kemampuan untuk pengendalian, pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla” ujar Usman Ali. Red

Autentikasi : Kaurpen Medtak Pendam XII/Tpr Kapten Inf Didin Saripudin

(dibaca 270 X)