Sekolah IB di Singapura | Apakah Ini Tepat untuk Pendidikan Anak Anda?

Pada saat anak kami belajar cara berbicara, kami akan mulai lebih memikirkan masa depan mereka. Apa karir mereka di masa depan? Apakah mereka akan sukses? Sebagai orang tua, hal itu wajar dilakukan. Namun, untuk mencapainya, mendaftarkan mereka di sekolah unggulan adalah suatu keharusan. Tetapi pertanyaannya adalah, di mana Anda harus mendaftarkannya? Kurikulum apa yang akan mereka pelajari? Apakah itu akan membantu mereka memahami banyak hal? Nah, untuk membantu Anda, artikel ini akan membahas mengapa penting untuk mendaftarkan anak Anda dalam program IB di Singapura.

Apa Struktur Program yang ditawarkan IB?

Siswa dari program IB akan mengalami pengabdian masyarakat, dan mereka akan menjadi aktif secara fisik. Mereka akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang akan mengasah keterampilan mereka dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Hasilnya, mereka akan memperoleh pengetahuan mendalam yang mereka perlukan di tahun-tahun universitas atau perguruan tinggi mereka.

Selain itu, mereka akan dapat memahami bahasa lain selain dari bahasa ibu dan bahasa Inggris mereka. Di program IB, mereka akan belajar bagaimana berkomunikasi dalam bahasa Prancis, Hindi, dan Spanyol. Dengan begitu, mereka akan menjadi poliglot dan mendapatkan lebih banyak peluang karir di masa depan.

AP vs IB | Apa Perbedaan Mereka?

Selain akronim, siswa dari usia tiga hingga sembilan belas tahun dapat mengikuti program IB di Singapura. Sedangkan untuk AP (Advanced Placement), hanya siswa SMA yang bisa hadir. Artinya, siswa dari IB akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mempelajari sesuatu daripada AP.

Selain itu, IB cenderung memiliki lebih banyak penelitian, tulisan, dan evaluasi langsung yang perlu dilakukan siswa agar mereka dapat lulus. Mereka perlu menerapkan dan menyesuaikan apa yang mereka pelajari dalam situasi aktual. Melakukan hal itu akan memberi mereka keuntungan tentang cara menangani keadaan di masa depan.

Masuk ke Program IB

Ada 37 sekolah IB di Singapura, dan hanya delapan di antaranya menawarkan IB Diploma, dan tujuh lainnya mengajarkan tiga program IB. Ketiganya adalah IB terkait karir, IB kelas menengah, dan IB tahun pertama. Selain itu, beberapa lembaga ini melakukan wawancara dan ujian esai untuk pelamar mereka. Hasilnya, mereka dapat mengakses siapa yang memenuhi syarat untuk menjadi siswa IB.

Apa Kata Orang Tua IB?

Lihatlah Gambaran Keseluruhan

Di Sekolah IB di Singapura, siswa akan belajar banyak hal tentang dunia, dan itu akan membantu mereka memahami dan melihat konsep dalam skala yang lebih besar. Jika Anda mendaftarkan anak Anda di sini, mereka akan melihat hal-hal kecil dalam gambaran besar. Akibatnya, mereka cenderung tidak salah paham dengan orang lain.

Siswa Tampaknya Menikmati Kelasnya

Tentu saja, mereka akan melakukannya karena mereka didorong untuk berpikir dan bukan apa yang harus dipikirkan. Di sini, guru akan membuat siswa merasa sedang belajar dan tidak menghafal. Itulah mengapa sebagian besar siswa IB sangat menikmati belajar dari kelas mereka.

Memupuk Perspektif Global

Karena sebagian besar program IB ada di sekolah internasional, siswa dari asal berbeda akan belajar lebih banyak tentang satu sama lain. Hasilnya, mereka akan memahami perbedaan dan persamaan mereka saat menerapkan apa yang mereka pelajari.

Siapa yang Memenuhi Syarat untuk Mendaftar di Sekolah IB?

Siapa pun yang berusia antara tiga hingga sembilan belas tahun dapat menghadiri sekolah IB terbaik di Singapura. Namun, mereka mungkin harus lulus persyaratan IPK (Grade Point Average) karena program IB cenderung memiliki slot terbatas. Oleh karena itu, sebelum melamar anak Anda di lembaga IB mana pun, periksalah persyaratan IPK mereka. Ini akan membantu Anda mengetahui apakah anak Anda memenuhi syarat untuk mendaftar. Jika Anda mengetahuinya, pastikan untuk memenuhi permintaan mereka yang lain.

Bagaimana Anak Anda Menjadi Siswa IB?

Agar anak Anda menjadi siswa IB, mereka harus melengkapi aplikasi mereka dan mengikuti ujian masuk. Biasanya, pelamar harus melampirkan surat rekomendasi, rapor, dan esai dari sekolah sebelumnya. Ketiganya akan menjadi bukti dari apa yang telah mereka pelajari sejauh ini. Akan jauh lebih baik untuk memasukkan laporan vaksinasi mereka dan daftar klub yang mereka hadiri sebelumnya. Melakukannya akan membantu sekolah IB mengakses pengetahuan dan kemampuan.

Apakah Ada Biaya yang Terlibat dalam Program IB?

Tentu saja ada. Seperti program pendidikan lainnya, sekolah IB di Singapura memiliki biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh siswa. Namun, masing-masing harganya berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, Anda harus menimbang mana yang paling sesuai dengan penghasilan Anda dan di dekat rumah Anda. Dengan begitu, anak Anda bolak-balik ke sekolah tanpa masalah.

Apakah IB Mempersiapkan Anak Anda untuk Kuliah atau Universitas?

Para siswa yang lulus dari program IB sering kali lebih percaya diri pada keterampilan dan kemampuan mereka untuk memahami suatu konsep. Pengetahuan yang mereka peroleh di seluruh kurikulum memberi mereka keuntungan untuk menonjol dari rekan-rekan mereka di universitas. Jika Anda juga ingin hal itu terjadi pada anak Anda, ada baiknya untuk mendaftarkan mereka ke program IB selama tahun-tahun sekolah dasar mereka. Hasilnya, mereka bisa berpikir lebih logis dan membuat pilihan yang tepat.

Karena ada begitu banyak Sekolah IB di Singapura, Anda harus tahu dulu di mana Anda harus mendaftarkan anak Anda dan apakah program IB mereka cocok untuk mereka. Jika bisa, pastikan untuk mengunjungi sekolah bersama keluarga Anda. Dengan begitu, Anda akan tahu apa yang mereka tawarkan dan apakah lingkungan mereka cocok dengan anak Anda.

Bagaimanapun, jika Anda memiliki pertanyaan tentang program IB di Singapura, Anda dapat bertanya kepada NPS International School. Mereka selalu ada di sini, siap menjawab pertanyaan Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menelepon mereka di + 65-62942400 dan beri tahu mereka tentang masalah Anda.