Shalat Membentuk Akhlak, Watak Dan Karakter Manusia

| Share on Facebook

photo_2016-05-11_09-34-36

LENSAKAPUAS, KETAPANG – Komandan Koramil 1203-11/Simpang Hilir Pelda Nanang menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Surau Al Ibaad Dusun Eka Jaya Desa Teluk Melano Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, Senin, (09/05) lalu.

Tema dalam peringatan Isra’ Mi’raj  kali ini ” Kita Jadikan Sholat Sebagai Sarana Mewujudkan Sifat Tawadhu, Disiplin, Jujur Dan Sabar Dalam Bermasyarakat” dengan penceramah KH. Masra’i Ketua Muhtasar NU Kabupaten Kayong Utara.

Dalam sambutannya Danramil Simpang Hilir Pelda Nanang menyampaikan bahwa sebagai umat Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan bermasyarakat untuk meneladaninya sehingga tercipta keharmonisan dalam bermasyarakat khususnya Kecamatan Simpang Hilir.

“Sebagai pengikut-Nya kita harus dapat meneladani sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhamad SAW, yaitu tawadhu atau rendah hati, tidak sombong, Disiplin, jujur serta sabar dalam bermasyarakat, sifat itulah yang diselalu diterapkan oleh Nabi muhammad saw dalam kehidupan sehari hari sehingga benar benar menjadi suri tauladan”, ujarnya.

Seyogyanya agama adalah menjadi perekat dan pemersatu manusia dalam membina kehidupan di lingkungannya masing-masing, Rosulullah sebagai nabi dan rosul yang terakhir diutus ke alam dunia ini telah memberikan contoh dan keteladanan. Begitu juga Al-quran sebagai kitab suci penyempurna dari kitab suci sebelumnya telah memberikan bingkai dan arahan yang jelas agar kehidupan manusia selamat di dunia dan di akahirat, terang KH Masra’i dalam ceramahnya.

Shalat sebagai ibadah pertama dan utama hasil dari perjalanan spiritual, fisik dan mental yang diajarkan Rosulullah hendaknya harus dijadikan sebagai sentral ibadah untuk membentuk akhlak, watak dan karakter manusia yang mendirikannya akan teraktualisasi kedalam kehidupan bermsyarakat membentuk jiwa yang tawadhu, disiplin, jujur dan sabar, tukas KH Masra’i Ketua Muhtasar NU Kayong Utara. Red

(dibaca 363 X)