ULIP vs SIP: Mana instrumen tabungan jangka panjang yang lebih baik?

Pengembalian terkait pasar sangat penting untuk membantu Anda mengoptimalkan pengembalian uang yang diperoleh dengan susah payah dan membantu membangun kekayaan dalam jangka panjang. Rencana investasi Unit Linked atau ULIP, serta reksa dana, dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Rencana investasi sistematis atau SIP adalah cara paling nyaman untuk mulai berinvestasi di reksa dana jika Anda seorang pemula. Namun, jika Anda bingung antara reksa dana ULIP Vs, berikut beberapa faktor untuk membantu Anda mengambil keputusan:

Manfaat: Salah satu faktor pembeda utama dari reksa dana ULIP Vs adalah bahwa reksa dana ULIP Vs juga menyediakan asuransi sambil menginvestasikan sebagian premi dalam reksa dana yang terkait dengan pasar untuk membantu Anda mendapatkan pengembalian premi optimal. ULIPs juga menawarkan santunan kematian kepada penerima manfaat jika tertanggung meninggal dunia selama masa polis. Di sisi lain, reksa dana adalah pilihan investasi murni tanpa keuntungan manfaat kematian. Anda dapat memilih jumlah tertentu untuk memulai SIP bulanan, triwulanan, atau tahunan untuk membeli unit reksa dana dan memastikan pertumbuhan modal jangka panjang. Pajak: Pembebasan pajak dapat membantu Anda menghemat lebih banyak uang, Anda dapat menginvestasikan kembali lebih lanjut untuk penciptaan kekayaan. Dari semua reksa dana, hanya investasi dalam skema tabungan terkait ekuitas atau dana ELSS yang memenuhi syarat untuk pengurangan maksimum hingga Rs. 1,5 lakh sesuai Bagian 80C. Namun, saat Anda berinvestasi di ULIP, Anda tidak hanya menghemat pajak atas premi juga dibayarkan hingga Rs 1,5 lakh di bawah 80C, jumlah jatuh speed juga bebas pajak sesuai dengan 10 (10D). Switches: Yang membedakan ULIP Vs reksa dana adalah fleksibilitas untuk beralih antara ekuitas, hutang, dan dana campuran pergerakan selaras dengan kebutuhan dan pergerakan pasar Anda. Sebagai investor, Anda tidak dapat mengalihkan dana selama seluruh durasi investasi SIP Anda di reksa dana. Peralihan dana memungkinkan Anda untuk melindungi akumulasi kekayaan Anda, menghasilkan pengembalian maksimum dan juga tetap berinvestasi sesuai kemampuan Anda untuk mengambil risiko di masa depan.Faktor risiko: Reksa dana ULIP Vs tidak berbeda karena keduanya menginvestasikan uang Anda di instrumen pasar, bagaimanapun juga hasil bagi asuransi di masa lalu berfungsi sebagai bantalan finansial. ULIP juga memungkinkan Anda untuk mengalihkan dana Anda ke dalam hutang atau kategori seimbang selama volatilitas pasar untuk menghindari dampak negatif, tidak seperti SIP yang berisiko tinggi, instrumen pengembalian tinggi yang murni ditujukan untuk investasi.

Kesimpulan

Selain itu, ULIP hadir dengan periode penguncian 5 tahun, sementara hanya reksa dana ELSS yang memerlukan penguncian 3 tahun di antara semua reksa dana. Saat memilih antara reksa dana ULIP Vs, Anda harus mempertimbangkan pemahaman Anda tentang ekuitas serta tujuan Anda dan keluarga dalam 10 hingga 20 tahun ke depan dan memutuskannya.

Namun, jika Anda ingin menabung untuk pendidikan anak Anda atau masa pensiun Anda, atau bahkan untuk mendapatkan kekayaan, Anda dapat mempertimbangkan ULIP yang tersedia di Finserv MARKETS yang hadir dengan transparansi lengkap tentang biaya terkait untuk kenyamanan Anda. Pilih paket sesuai kebutuhan Anda dan nikmati manfaat seperti pengembalian biaya kematian, penambahan loyalitas, penguat dana, penarikan sebagian, dan banyak lagi saat Anda melihat uang Anda tumbuh selama bertahun-tahun.

_____________________________________________________