Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia

| Share on Facebook

 

armada-1

Gubernur Cornelis : TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » AL Harus Kuat 

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, berharap TNI Angkatan Laut bisa menjadi semakin kuat dan handal serta disegani, sebagai bagian dari kekuatan maritim guna mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,

“Saya ucapkan selamat kepada TNI Angkatan Laut, semoga dengan peringatan Hari Armada RI Tahun 2016, Armada TNI Angkatan Laut RI semakin kuat, handal, dan di segani, sebagai bagian dari kekuatan maritim guna mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, menjaga keamanan, mempertahankan  kedautan Negara di Laut, harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut,” Ujar Cornelis, usai menghadiri  acara Peringatan Hari Armada RI 2016 di Pondok Dayung Tanjung Periok Jakarta,(5/12).

Cornelis mengapresiasi  dan memberikan ucapan terima kasih kembali  kepada TNI AL khususnya  kepada Danlantamal  XII Pontianak, Kalbar, Brigjen TNI (MAR) M. Hari, beserta jajaranya  atas diberikan buku pedoman berlayar dengan aman, beberapa waktu yang lalu, ini menunjukan bahwa TNI AL sangat memperhatikan dan menjaga ke amanan masyarakat. “Buku panduan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakan laut yang ada di Kalbar, ini nantinya diharapkan dapat dibaca dan dilihat oleh segenap pengguna laut yang ada di Provinsi Kalbar dan dapat dijadikan sebagai pedoman agar keselamatan dan ke amanan berlayar di wilayah kalbar aman,” ujar Cornelis.

Upacara Hari Armada RI Tahun 2016 ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kelautan Dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, para mantan Kasal, mantan Panglima Armada RI, mantan Pangkolinlamil, Plt. Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, para pejabat utama Mabes TNI dan Mabes TNI Angkatan Laut, Pemimpin Kotama TNI, Kapolda Metro Jaya serta para Atase Pertahanan negara sahabat.

Kepala Staff TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, dalam amanatnya antara lain mengatakan bahwa Peringatan Hari Armada RI pada tanggal 5 Desember, selama ini dilaksanakan secara terpusat di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim). Tahun ini ada yang berbeda karena untuk pertama kalinya upacara Hari Armada dilaksanakan di dermaga Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung. Hal ini bertujuan memberikan pemahaman tentang eksistensi Armada TNI Angkatan Laut di Jakarta.

Lebih lanjut Kasal mengatakan bahwa, upacara ini bukan hanya sebuah kegiatan seremonial, tetapi momen yang mengingatkan tentang sejarah berdirinya Armada RI dan pengabdian yang telah ditunaikan. berdasarkan sejarah, Armada RI adalah alat  bagi sebuah negara dalam menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasionalnya. Sampai saat ini, Armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut. Sejatinya Armada RI adalah integrasi empat elemen utama yakni kapal perang, pesawat udara, marinir dan pangkalan sehingga komposisi satuannya harus mencerminkan keempat elemen tersebut.

Ade Supandi juga mengatakan, upacara ini pada hakekatnya merupakan perwujudan  dari rasa syukur atas bertambahnya usia Armada RI, dan merupakan cerminan rasa bangga atas prestasi yang telah diukir oleh Armada RI dalam sejarah pengabdiannya, serta sebagai sarana untuk membangkitkan tekad, semangat, dan kerja keras guna mewujudkan Armada RI yang handal, kuat dan disegani. “Sejalan dengan visi Poros Maritim Dunia, Armada RI harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumber daya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan dan mempertahankan kedaulatan negara di laut.” Kata Jendral bintang empat itu.

Diungkapkan Ade lagi, melihat konstelasi geografis Indonesia, TNI Angkatan Laut telah menetapkan dua Komando Armada RI Kawasan sebagai Komando Utama Operasi. Selaku Kotamaops, Komando Armada RI bertugas menyelenggarakan operasi intelijen maritim dan operasi laut dalam rangka perang dan selain perang di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Saat ini, upaya peningkatan efektivitas Operasi Komando Armada RI memperoleh hasil yang signifikan dengan semakin singkatnya waktu penindakan dan turunnya angka kasus, terutama di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Caption Foto : Gubernur Kalbar Cornelis, di dampingi Danlantamal  XII Pontianak, Brigjen TNI (MAR) M. Hari, tiba di Pondok Dayung Tanjung Priok untuk menghadiri Peringatan Hari Armada Tahun 2016 di Pondok Dayung Jakarta, Senin (5/12), Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI AL Ade Supandi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

(dibaca 194 X)